Perlengkapan Anak

Dunia Bayi, 5 Perlengkapan Bayi Yang Harus Disiapkan Sebelum Persalinan

Dunia bayi selalu menarik dibahas, mulai dari pertumbuhannya, mainannya hingga persiapan orang tua sebelum ia dilahirkan. Saat memasuki bulan terakhir masa kehamilan merupakan masa yang sangat menegangkan namun sekaligus menggembirakan.

Rasa cemas dan tidak sabar ingin segera menggendong buah hati. Saat menjelang persalinan ada beberapa perlengkapan bayi yang sebaiknya sudah siap. Apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang sangat penting dan diperlukan? Langsung saja simak ulasannya dalam artikel dunia bayi berikut ini.

  • Pakaian Dan Popok Bayi

Memilih pakaian bayi tidak boleh sembarangan, karena kulit bayi masih sangat sensitif. Jadi sangat disarankan memilih bahan baju yang dapat menyerap keringat dengan baik. Hindari memilih baju yang bahannya terbuat dari polyester dan nylon karena kedua bahan tersebut cenderung panas. Selain itu hindari memilih baju yang ada hiasan dan aksesorisnya karena akan mengganggu pergerakan bayi dan membahayakan.

Popok adalah celana khusus bayi yang bentuknya seperti celana sumo. hanya kain yang bagian atasnya terdapat tali. Sama seperti memilih pakaian, pemilihan bahan popok juga harus diperhatikan.

  • Perlak

Perlak adalah alas tidur khusus untuk bayi, umumnya terbuat dari bahan karet yang lembut sehingga permukaan bagian bawahnya tetap kering walau bagian atasnya terkena air. Seperti kita ketahui kebiasaan bayi sering buang air kecil bisa berkali-kali dalam sehari, dengan menggunakan perlak air kencing tidak akan tembus ke kasur. Jika bayi sudah mulai lincah bergerak, perlak bisa diganti dengan yang ukurannya lebih besar.

Baca Juga: MOTIF PAKAIAN UNTUK BAYI LAKI-LAKI

  • Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi sebaiknya disiapkan sebelum bayi lahir, agar Anda tidak repot. Peralatan mandi yang dibutuhkan antara lain adalah: sabun, shampoo, handuk, waslap dan bak mandi bayi. Pilih handuk yang bahannya halus, lembut dan mudah menyerap air agar lebih aman dan bayi nyaman.

  • Perawatan Kulit

Selain itu siapkan minyak telon dan bedak khusus bayi. Anda juga bisa menyiapkan kriem pelembab. Memilih perlengkapan mandi dan perawatan kulitnya harus sesuai dengan yang dianjurkan, yaitu perlengkapan khusus bayi. Pilih yang aman, tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya. Karena kulit bayi sangat sensitif, jadi dikhawatirkan jika menggunakan perlengkapan yang asal-asalan menyebabkan gangguan pada kulit bayi, seperti ruam-ruam dan iritasi.

  • Perlengkapan P3K bayi

Saat usia bayi masih di bulan pertama, bayi harus mendapatkan perlindungan ekstra dari lingkungannya. Jadi penting untuk menyiapkan perlengkapan P3K, seperti: thermometer, perban, kapas, alkohol, salep untuk iritasi dsb.

Demikian ulasan singkat seputar dunia bayi, khususnya mengenai perlengkapan yang harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum persalinan. Jika kelima perlengkapan tersebut sudah siap, Anda tidak akan terlalu repot memikirkan apa saja yang harus dibeli. Sehingga bisa lebih fokus ke persalinan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *