Tips dan Trik

Dunia Kehamilan, Kenali Tanda-Tanda Seminggu Sebelum Persalinan

Mengetahui informasi seputar dunia kehamilan salah satunya adalah tanda-tanda menjelang melahirkan sangat bermanfaat karena ibu dan suami bisa mempersiapkan menghadapi moment yang ditunggu-tunggu tersebut. Berikut ini beberapa tanda seminggu melahirkan yang harus ibu ketahui:

Janin Turun Ke Panggul

Tanda yang pertama muncul biasanya adalah janin turun ke ruang panggul, apalagi jika mengandung anak pertama. Bahkan tanda-tanda tersebut bisa muncul 2 minggu sebelum melahirkan. Tapi bagi ibu yang pernah melahirkan sebelumnya, biasanya janin turun pada saat 3-4 hari menjelang melahirkan.

Banyak Buang Air Kecil

Semakin tua usia kehamilan, maka akan semakin besar pula janin. Karena janin semakin besar akan menekan kantung kemih yang berada di perut ibu, sehingga ibu selalu merasa ingin buang air kecil. Jika ingin kencing, jangan tahan. Ikuti saja dorongan tersebut walaupun air kencing yang keluar sedikit. Hal tersebut untuk menghindari terkenda infeksi kantung kemih.

Merasa Bertenaga

Tidak seperti usia kehamilan awal, saat menjelang melahirkan umumnya ibu akan merasa lebih bersemangat dan bertenaga. Biasanya banyak ide yang muncul yang harus dilakukan. Pengaruh ini disebabkan karena pengaruh komposisi hormone dalam tubuh. Namun, sebaiknya simpan sebagian energi untuk persiapan melahirkan.

Nyeri Pada Bagian Punggung Dan Pinggang

Menjelang waktu melahirkan, posisi janin akan turun semakin ke bawah panggul. Hal ini menyebabkan rasa nyeri di punggung bagian bawah, pinggang dan bahkan pada daerah panggul. Bagian bawah janin akan menekan otot punggung, otot pinggang dan otot-otot  yang membentuk lantai dasar pada panggul Anda. Jadi, seminggu sebelum melahirkan ibu akan merasakan nyeri dan tidak nyaman pada daerah-daerah tersebut.

Kontraksi Palsu

Tanda dunia kehamilan seputar tanda akan melahirkan selanjutnya adalah sering muncul adalah kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Kontraksi palsu fungsinya untuk menipiskan serviks rahim. Salah satu cara membedakan kontraksi palsu dengan yang asli adalah akan hilang jika dipakai berjalan atau rubah posisi.

Diare

Perubahan komposisi hormone menjelang melahirkan dipengaruhi sistem tubuh dalam banyak hal, salah satunya adalah diare. Perut sering kram karena usus bekerja lebih cepat. Selain diare, tanda lainnya adalah sering merasa mual.

Keluar Lendir

Menjelang persalinan, ibu hamil akan mengeluarkan lendir bercampur darah atau bloody show. Disebabkan karena saat usia tua kehamilan,kepala janin turun ke panggul dan serviks rahim semakin menipis. Konsistensi lendir bermacam-macam, ada yang sangat tebal, tebal dan kenyal. Darah yang keluar tidak sebanyak dan sesegar darah saat datang bulan.

Kontraksi Persalinan

Tanda terakhir saat menjelang persalinan adalah kontraksi. Kontraksi persalinan berbeda dengan kontraksi palsu yang akan menghilang seiring mampu. Ciri-ciri kontraksi persalinan adalah terjadi kontraksi 20-30 menit, semakin lama kontraksi semakin kuat dan tidak akan hilang kalaupun dipakai berjalan atau rubah posisi.

Demikian informasi seputar dunia kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga persalinan Anda berjalan dengan lancar!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *