Tips dan Trik

Dunia Kehamilan : Mengurangi Pusing Saat Hamil

Dunia Kehamilan : Mengurangi Pusing Saat Hamil – Sakit kepala atau pusing ketika masa kehamilan merupakan hal yang wajar. Ini biasanya terjadi pada terjadi pada trimester pertama hingga ketiga. Kehamilan merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap wanita. Namun ada beberapa wanita akan mengalami sakit kepala pada waktu tertentu. Sakit kepala pada masa kehamilan biasanya disebabkan karena darah rendah. Rendahnya tekanan darah diakibatkan oleh aktivitas hormon progesteron yang bekerja dan menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah sehingga menyebabkan rasa sakit pada kepala. Kini para Ibu hamil tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang mudah untuk mengurangi sakit kepala ketika hamil.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Pada saat ibu sedang mengalami dunia kehamilan sebaiknya harus banyak minum air putih agar tidak mudah merasa pusing. Kekurangan cairan ketika masa kehamilan juga menjadi penyebab utama sakit kepala. Minum air putih secara teratur akan membantu mencukupi cairan dalam tubuh, khususnya untuk ibu hamil. Namun ada hal yang perlu diperhatikan untuk Ibu hamil yaitu jangan terlalu banyak mengonsumsi teh ataupun minuman yang mengandung kafein karena ini akan membuatnya sering buang air kecil.

  • Hindari Terlambat Makan

Ibu hamil sebaiknya harus lebih sering memperhatikan pola makan karena akan sangat berpengaruh pada kesehatannya. Salah satu penyebab pusing pada Ibu hamil biasanya adalah telat makan. Untuk itu, alangkah lebih baik jika Ibu hamil menerapkan pola makan dengan porsi sedikit namun sering. Cara seperti ini sangat ampuh mengatasi rasa lapar pada Ibu hamil yang membuatnya sakit kepala. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan manis karena dapat menaikknan kadar gula lebih cepat. untuk lebih aman, sebaiknya sediakan cemilan agar dapat dimakan ketika perut mulai terasa kosong.

  • Perbanyak Bergerak atau Beraktifitas

Masa kehamilan bukan berarti harus mengurangi banyak gerak. Justru banyak bergerak bagi Ibu hamil sangat baik agat tubuh terasa lebih sehat dan tidak kaku. Seringkali Ibu hamil mengeluhkan sakit kepala lantaran kurang bergerak. Banyak gerak sangat dianjurkan untuk Ibu hamil karena akan membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Aktifitas ringan yang dapat dilakukan Ibu hamil misalnya seperti jalan-jalan pagi. Selain udaranya yang masih segar, banyak jalan juga akan membantu kelancaran selama proses persalinan.

  • Hindari Terlalu Lama Berbaring

Bagi Ibu hamil, berbaring akan membuatnya terasa nyaman sehingga seringkali dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Tapi ketahuilah bahwa telentang dalam jangka waktu lama justru akan menyebabkan pembuluh darahnya tertekan. Selain menjadi penyebab sakit kepala, terlalu lama berbaring juga akan membuat suplai oksigen terhadap janin berkurang. Dan yang paling penting untuk diketahui adalah, jangan langsung berdiri ketika sudah terlalu kama berbaring. Sebaiknya duduk sebentar agar sirkulasi darah kembali normal setelah berbaring.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *