Tips dan Trik

Fakta Tentang Tindik dan Anting Bayi yang Harus Diketahui

Melahirkan anak perempuan tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri. Setiap Ibu hampir pasti sudah memikirkan bagaimana nantinya akan membelikan baju yang lucu, serta mendandaninya dengan dandanan yang menggemaskan. Namun jangan lupa juga jika di Indonesia ini, anak perempuan biasanya diberikan anting bayi. Untuk bisa memasangkan anting pada bayi, maka pastinya tindik telinga harus dilakukan.

Tindik telinga ke bayi perempuan umum dilakukan setelah beberapa hari bayi lahir. Tentu hal ini atas permintaan dari orang tua juga. Menindik ini biasanya adalah karena alasan agar bayi makin cantik hingga budaya. Selain dari segi estetika saja, ternyata menindik telinga ketika bayi juga memberikan manfaat. Telinga yang ditindik di usia dini, maka sudah pasti akan dirawat oleh orang tua dengan saksama. Jika kian muda usia anak saat ditindik, maka kian sedikit juga kemungkinan untuk muncul jaringan parut ataupun keloid di telinga bayi tersebut.

Jika Anda ingin memasangkan anting bayi, maka ada baiknya mempertimbangkan segala hal tentang tindik telinganya lebih dulu, yaitu:

  • Usia bayi

Berdasar American Academy of Pediatrics, mereka merekomendasikan untuk tindik telinga pada bayi ini dianjurkan jika anak sudah siap mengurus tindikannya sendiri. Tetapi ada beberapa dokter yang menyarankan untuk bisa menindik telinga ketika bayi telah masuk usia 2 bulan. Hal ini lantaran infeksi bisa terjadi ketika bayi ditindik sebelum usianya 2 bulan, meski jarang juga terjadi. Asalkan orang tua bisa merawat tindikan di telinga bayi, maka semuanya akan baik-baik saja.

  • Orang yang menindik

Tindik pada telinga bayi disarankan dilakukan oleh dokter, bukan tindik sendiri atau bahkan di toko perhiasan. Hal ini dikhawatirkan karena jarum penindik tidak steril dan bahkan orang yang menindik itu tidak pengalaman sehingga bisa jadi menimbulkan resiko besar.

Selain anting, perhatikan juga beberapa perlengkapn lain nya untuk buah hati anda. Baca selengkapnya di boxbayi.net

  • Jarum tindik

Untuk jarum tindik sendiri pun khusus yaitu terbuat dari emas, platinum, perak atau stainless. Bahan ini digunakan karena mampu meminimalisir resiko yang mungkin terjadi setelah tindik nantinya.

  • Pilihan anting

Apabila tindikan sudah dilakukan, pasangkan anting sederhana bentuk bulat, kecil dengan bagian datar di depan. Jangan sampai Anda memakaikan anting menjuntai di waktu ini karena ditakutkan akan mudah terlepas karena anak menariknya.

Jangan lupakan juga dengan rasa sakit yang akan dirasakan oleh bayi ketika dirinya ditindik. Meski hanya hitungan detik saja, tapi pastilah si kecil akan merasakan sakit jika tindik tanpa bius. Jika memang Anda tidak tega pada anak, maka jika bisa mintalah pembiusan dengan olesan anestesi pada dokter. Setelah tindik selesai, pasangkan anting bayi dan jangan lepas antingnya hingga 6 minggu sehingga lukanya bisa kering. Rawat tindikan dengan mengoles alkohol di cuping telinga serta putar anting 2 kali perharinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *