Tips dan Trik

Faktor Penyebab Bayi Kembar Siam dan Cara Mencegahnya

Setiap pasangan pasti akan senang apabila hamil dan menanti proses kehamilan anaknya. Biasanya anak akan lahir dalam usia yang normal yaitu 9 bulan lewat 10 hari. Hal tersebut bisa disebut kelahiran yang normal karena apabila sebelum itu maka disebut sebagai bayi prematur yang akan mempunyai banyak kekurangan seperti lahir cacat, berat badan dan juga kesehatan yang kurang. Tetapi bagi yang lahir dalam waktu yang normal yaitu 9 bulan sendiri belum tentu bayinya normal. Dimana ada kondisi khusus yang disebut sebagai bayi kembar siam.

Bayi yang kembar merupakan salah satu dambaan bagi sebagian pasangan. Akan tetapi ada juga bayi yang terlahir kembar tetapi dalam posisi badan yang saling menempel. Kondisi tersebut yang kemudian disebut dengan bayi yang kembar khusus yaitu bayi kembar dempet. Adapun hal tersebut merupakan kondisi dimana bayi yang kembar identik memiliki bagian tubuh yang saling terhubung. Biasanya hal tersebut sering terjadi pada bayi kembar perempuan walaupun tidak jarang juga terjadi pada bayi kembar laki-laki walaupun tidak besar kemungkinannya.

Kondisi bayi kembar siam ini belum diketahui secara pasti oleh pihak medis. Tetapi biasanya karena ada pembelahan yang tidak sempurna pada saat sel telur dibuahi sehingga akan menyebabkan bayi kembar yang terlahir dempet. Pembelahan sel telur ini memiliki empat masa yang terjadi yaitu:

  • Pada masa 0 hingga 72 jam adalah fase pertama dimana akan terjadi proses diamniotik dan juga dikorionik.
  • Pada masa kedua yaitu antara 4 hingga 8 hari akan terjadi pembelahan kedua sehingga menyebabkan selaput ketuban ada 2 tetapi untuk plasentanya hanya 1 saja.
  • Kemudian tahap ketiga adalah pada masa 9 hingga 12 hari dimana selaput ketuban dan plasenta bayi tersebut akan membelah.
  • Dan tahap yang keempat pada masa 13 hari lebih dari proses pembuahan yang terjadi.

    Baca Juga: Ciri-Ciri Hamil Bayi Laki-Laki Itu Cuma Mitos

Hal yang menyebabkan lahirnya bayi dempet terjadi ketika masa kedua. Dimana rahim hanya memiliki 1 plasenta saja. Dengan terjadinya hal tersebut bisa saja 1 bayi akan mengalami perkembangan yang terhambat karena tidak cukup mendapatkan gizi sehingga akan membuatnya tidak membelah dengan baik. Bahkan dua embrio yang awalnya pisah bisa untuk menempel dan menyatu seperti yang terjadi pada bayi yang lahir dempet.

Oleh karena itu, mengecek kehamilan adalah hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat mencegah kembar siam bagi ibu hamil adalah:

  • Menjaga kesehatan selama proses kehamilan dengan mengurangi kebiasaan buruk dan mengikuti saran dokter.
  • Menjaga nutrisi yang cukup selama kehamilan terutama pada masa awal kehamilan.
  • Mengenali tanda kehamilan yang dirasakan sehingga dapat mencegah resiko buruk yang terjadi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *