Seputar Ibu Menyusui

Gangguan dan Perawatan Tubuh Ibu Pasca Melahirkan

Wanita dewasa khususnya yang sedang hamil harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan pasca melahirkan agar kondisi cepat pulih dan segar kembali. Setelah melahirkan tubuh ibu akan mengalami perubahan. Berikut adalah perubahan yang umumnya terjadi dan cara mengatasinya.

Kelamin Terasa Nyeri

Bagi ibu yang melahirkan dengan proses normal, menyebabkan rasa nyeri setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena regangan saat bayi lahir menimbulkan lecet, bahkan ada yang sampai dijahit.

Untuk mengatasi masalah nyeri di bagian kelamin pasca melahirkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar nyerinya mereda dan cepat sembuh, yaitu:

  • Jika duduk terasa sakit sebaiknya duduk dengan alas bantal.
  • Bersihkan kelamin dengan air hangat dan bersih langsung dari kran.
  • Jika sedang BAB tekan bagian kemaluan menggunakan kain basah hangat. Hal tersebut untuk menghindari terkena bakteri dari kotoran.
  • Dinginkan luka dengan menggunakan kain basah yang dingin.
  • Minum obat penahan sakit yang dianjurkan oleh dokter.

Jika nyeri tidak kunjung hilang dan sensasinya semakin kuat terlebih jika organ intim bengkak, berwarna merah dan mengeluarkan nanah segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga:Makanan Ibu Hamil yang Tepat Saat Tremister Pertama

Wasir dan varieses

Jika Anda memiliki penyakit wasit dan varieses  selama kehamilan kemungkinan akan memburuk setelah melahirkan. Nyeri dan pembengkakan juga bisa muncul pertama kali setelah melahirkan karena intensitas pengejangan.

Untuk mengatasinya, jangan tengang saat BAB karena bisa memperburuk wasir. Untuk mengatasinya bisa diobati dengan salep, semprotan obat, sitz bath atau dikompres dengan air dingin. Pastikan makanan yang dimakan mengandung serat yang tinggi dan jangan lupa minum setiap hari secara teratur. Cara tersebut bisa memperkecil pembengkakan dan menyembuhkan.

Masalah Buang Air Kecil

Setelah melahirkan, Anda akan merasa seperti ingin buang air kecil namun saat dikamar mandi tidak ada air kencing yang keluar. Selain itu muncul nyerid an terbakar setelah buang air kecil. Anda jangan khawatir masalah berkemih akan hilang sendirinya setelah beberapa hari. Untuk mengurangi nyeri bisa menggunakan warm sitz bath yang membantu mempelancar air seni.

Sebagian wanita mengalami masalah mengompol atau keluar urine tiba-tiba. Sebaiknya Anda jangan khawatir karena lambat laun kekuatan otot bagian panggul akan normal kembali. Atau bisa dengan latihan senam kegel yang membantu mengencangkan otot panggul dan otot-otot di daerah kemaluan.

Masalah Berat Badan

Setelah melahirkan banyak yang merasa badannya tidak ideal. Hal tersebut karena selama masa kehamilan perut dan bagian-bagian tertentu menjadi lebih gemuk, setelah melahirkan perut kembali normal namun menjadi lebih kendor. Tenang saja karena berat badan Anda bisa kembali normal seperti sebelum hamil.

Anda bisa mencoba program diet sehat sesuai dengan kondisi pasca melahirkan karena Anda harus memberikan ASI dan tetap makan makanan yang memiliki kandungan nutrisi

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *