Tips dan Trik

Gaya Hidup Sehat untuk Kehamilan Sehat

Momen kehamilan merupakan saat-saat yang membahagiakan bagi seorang perempuan yang mengidam-idamkan ingin memiliki momongan. Janin di dalam kandungan yang sudah dianugerahkan Tuhan kepada kita harus dijaga dengan baik agar janin tetap sehat dan berkembang dengan sempurna. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ibu hamil dalam menjaga janin yang dikandungnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hidup sehat akan membuat kemilan menjadi sehat. Berikut ini adalah kiat-kita kehamilan sehat untuk ibu hamil.

  1. Melakukan Olahraga

Tidak sedikit ibu hamil yang beranggapan bahwa ketika sedang hamil, mereka harus banyak beristirahat dan menghindari kegiatan-kegiatan yang menguras energi dan fisik. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Ibu hamil tetap harus melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat dan segar, dengan catatan, olahraga yang dilakukan tidak terlalu menguras energi, seperti jalan santai, yoga, renang, dan senam ibu hamil. Seorang ibu hamil dianjurkan untuk tetap melakukan kegiatan yang dapat mengeluarkan keringat asalkan tidak melakukan kegiatan yang berat-berat seperti mengangkat beban dan terlalu lelah. Berolahragalah dengan kadar yang tepat dan teratur, misalnya dengan berjalan kaki sejauh 200-an meter setiap pagi.

Baca Juga : Ciri-ciri Kehamilan Sehat

  1. Rutin Memeriksa Kondisi Kandungan

Ibu hamil dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kehamilannya minimal sebulan sekali pada bidan atau dokter. Dengan memeriksakan kehamilan, maka kita akan mengetahui kondisi kesehatan janin, mengetahui perkembangannya, bahkan kita dapat berkonsultasi tentang apa yang kita rasakan selama kehamilan. Bidan atau dokter kandungan akan selalu memberi saran dan solusi tentang kegiatan-kegiatan dan makanan-makanan yang cocok dilakukan oleh ibu hamil. Dengan memeriksakan kehamilan secara rutin, kita juga akan mendapatkan informasi tentang langkah-langkah prefentif yang harus dilakukan selama kehamilan.

  1. Menjaga Pola Makan

Kehamilan sehat sangat dipengaruhi oleh pola makan sang ibu. Makanan yang dikonsumsi si ibu akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Pola makan akan berdampak langsung pada si janin, sehingga seorang ibu yang sedang mengandung harus benar-benar menjaga pola makannya. Dengan menerapkan pola makan teratur, berat badan kita tetap ideal dan asupan gizi dan nutrisi yang diterima si janin juga cukup. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi yang baik bagi janin. Jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Namun tidak semua jenis buah-buahan baik untuk ibu hamil. Beberapa di antara buah-buahan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil adalah nanas dan durian.

  1. Posisi Tidur yang Benar

Posisi juga membawa dampak bagi kehamilan sehat. Berat badan yang semakin meningkat dan bentuk perut yang semakin membesar harus diimbangi dengan posisi tidur yang benar. Posisi tidur yang harus dihindari adalah posisi tidur terlentang. Tidur terlentang akan membuat beban di perut ibunda akan ditopang sepenuhnya oleh pinggang dan tulang punggung. Hal tersebut berpotensi membuat tulang punggung dan pinggang akan mudah ngilu dan sakit. Salah satu posisi tidur yang dianjurkan adalah dengan tidur posisi miring ke kiri, karena bobot di perut ditopang oleh tempat tidur, sehingga kondisi ibu tidak mudah lelah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *