Tips dan Trik

Gejala dan Tanda Kehamilan yang Akurat

Tanda kehamilan menjadi hal yang paling dinantikan terutama oleh pasangan suami istri yang menanti kehadiran buah hati. Oleh sebab itu banyak wanita yang mencari informasi tanda-tanda hamil.

Tanda wanita hamil bisa dilihat dan dirasakan baik secara fisik maupun psikis. Tanda yang bisa dijadikan pedoman adalah berhentinya siklus haid dan mengalami mual-mual. Namun pada kenyataannya tanda-tanda tersebut kadang tidak cukup, karena ada tanda-tanda hamil yang mudah dikenali maupun tidak. Dalam artikel ini kami informasikan tanda hamil yang akurat, dengan harapan bisa dijadikan rujukan bagi Anda yang ingin mengetahui kepastian hamil atau tidak. Berikut penjelasannya:

Pendarahan Kecil dan Kram Perut

Tanda kehamilan yang sering terjadi adalah terjadinya pendarahan (implantation bleeding). Pendarahan kecil terjadi akibat janin menempel di dinding rahim. Untuk membedakan pendarahan hamil dengan haid adalah dari banyak tidaknya darah yang keluar. Pendarahan tanda hamil keluarnya sedikit dibandingkan dengan darah haid.

Selain pendarahan, tanda hamil lainnya adalah mengalami kram perut. Biasanya terjadi saat usia kehamilan satu minggu. Kram terjadi karena proses implantasi.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kehamilan Sehat yang Perlu Ibu dan Ayah Ketahui

Perubahan Payudara

Tanda hamil yang mudah dikenali dan bisa dilihat secara fisik adalah terjadinya perubahan payudara. Payudara wanita hamil lebih sensitif, nyeri dan lebih besar dibandingkan sebelum hamil. Selain itu payudara lebih lembut, empuk dan gatal disekitar putting.

Morning Sickness

Umumnya seluruh ibu hamil mengalami morning sickness yaitu gejala hamil ditandai dengan mual, muntah dan pusing. Gejala tersebut membuat kondisi ibu menjadi mudah letih dan tidak nyaman bahkan nafsu makan bisa menurun drastis. Namun sebaiknya tetap berusaha makan dan memilih makanan yang disarankan untuk ibu hamil agar kehamilan tetap dalam kondisi normal dan sehat.

Selain tiga tanda tersebut, seringkali ibu hamil mengalami gejala seperti:

  • Susah buang air besar atau sembelit akibat meningkatnya hormone progesterone yang mengakibatkan otot pada dinding usus mengendur.
  • Sering buang air kencing karena cairan di dalam tubuh semakin meningkat dan tekanan kantung kemih oleh rahim yang membesar.
  • Ibu hamil sering merasakan lelah walaupun sedang tidak melakukan aktivitas. Kondisi ini terjadi saat awal kehamilan hingga trimester pertama berakhir.
  • Tanda kehamilan bisa dilihat juga dari gejala psikis, yaitu mood dan emosi yang turun naik.

Itulah tanda kehamilan yang perlu diketahui, jika masih ragu Anda bisa mencoba test kehamilan menggunakan testpack yang bisa dibeli di apotik. Jika Anda hamil kami ucapkan selamat dan semoga proses kehamilan hinggak kelahiran lancar. Jangan lupa menerapkan pola hidup sehat selama masa kehamilan dan cari beragam informasi seputar kehamilan. Namun jika Anda tidak hamil, jangan putus asa dan semoga bulan selanjutnya Tuhan memberikan buah hati untuk Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *