Tips dan Trik

Hal Dasar Merawat Bayi yang Perlu Diketahui Orangtua Baru

Hal Dasar Merawat Bayi yang Perlu Diketahui Orangtua Baru – Semasa kehamilan, terutama pada ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan Anda mungkin fokus memikirkan apa yang akan terjadi saat persalinan, hingga sering kali Anda malah lupa untuk mencari tahu apa yang harus Anda persiapkan setelah persalinan. Alhasil, sesampainya di rumah, setelah bayi Anda lahir, Anda bingung apa yang harus Anda lakukan.

Beberapa hal dasar merawat bayi berikut mungkin dapat membantu orangtua baru seperti Anda.

  • Memasang popok

Beberapa hal yang para orangtua baru perhatikan saat mengganti popok bayi Anda antara lain:

  • Muncul ruam merupakan hal yang biasa terjadi saat bayi menggunakan popok. Kondisi tersebut terjadi karena kulit bayi yang sensitif dan mengalami iritasi oleh popok yang basah. Namun bila ruam bertahan hingga lebih dari tiga hari bahkan kondisinya memburuk, sebaiknya segera periksakan ke dokter Anda. Ruam tersebut bisa jadi disebabkan oleh faktor lain seperti keberadaan jamur.
  • Selalu usap alat kelamin bayi dari arah depan ke belakang. Teknik ini dapat membantu bayi terhindar dari serangan infeksi.
  • Jangan tinggalkan bayi Anda sendirian di atas tempat yang tinggi tanpa pengawasan. Sebaiknya siapkan lebih dulu segala hal yang Anda perlukan saat mengganti popoknya dalam jangkauan Anda.
  • Teknik memandikan bayi

Memandikan bayi terlalu sering justru dapat membuat kulitnya menjadi kering. Umumnya pada tahun pertama, bayi akan dimandikan dua hingga tiga kali dalam satu minggu. Sebelum Anda memandikan bayi Anda, sebaiknya pastikan lebih dulu:

Baca Juga: 3 Hal Khusus Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Bayi Perempuan

  • Jangan terlalu keras saat Anda memijat tubuh bayi Anda saat Anda ingin membersihkan kulitnya.
  • Bayi Anda mungkin akan sementara mandi dengan spons pada satu bulan pertama usianya, lalu menggunakan rendaman hangat setelahnya. Bila pada fase peralihan pergantian teknik mandi dan bayi Anda justru menangis, Anda dapat kembali menggunakan teknik spons selama satu hingga dua minggu. Namun saat bayi Anda tak menangis dan siap untuk teknik mandi dengan rendaman, pastikan air tidak terlalu dalam untuk merendam bayi Anda.
  • Air yang Anda gunakan adalah air yang cukup hangat untuk bayi.
  • Produk yang Anda gunakan adalah produk dengan kandungan lembut dan tanpa aroma.
  • Perawatan tali pusar

Guna menjaga agar sisa tali pusar usai persalinan tidak tertempel pada popok, Anda mungkin akan perlu untuk mengolesinya dengan jel petroleum atau dengan menggunakan popok dengan potongan yang rendah agar tak mengenai bagian pusar yang belum lepas. Namun Anda tetap perlu menjaga kebersihan bagian ini dengan kapas, yang telah dibasahkan dengan sedikit air, setidaknya satu kali dalam satu hari.

Apakah sejumlah poin di atas seakan menggambarkan bahwa justru lebih banyak yang harus Anda perhatikan seusai persalinan dibandingkan dengan sebelum persalinan? Menggunakan bantuan seseorang yang telah berpengalaman diperbolehkan bila Anda memang merasa membutuhkannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *