Tips dan Trik

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Nama Bayi

Salah satu kewajiban orangtua setelah bayi lahir adalah memberikan nama untuk si kecil. Seringkali orangtua akan bingung saat memilihkan nama bayi. Apalagi jika orangtua baru mencari nama untuk bayi setelah si bayi lahir ke dunia. Untuk memilih nama bagi bayi memang terbilang susah-susah gampang. Oleh karena itu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih nama untuk bayi:

Jenis Kelamin Bayi

Hal pertama yang harus diperhatikan tentunya adalah jenis kelamin bayi. Ada kalanya orangtua menunggu bayi terlahir ke dunia untuk mencari nama agar kelamin bayi bisa terlihat jelas dibandingkan sekadar lewat USG. Akan tetapi, tak ada salahnya juga para orangtua mempersiapkan dua jenis nama. Nama untuk anak perempuan dan nama untuk anak laki-laki.

Asal Bahasa

Ada banyak bahasa di dunia ini, dan hal ini bisa menjadi salah satu referensi ketika mencari nama untuk bayi. Misalnya nama untuk bayi diambil dari bahasa Jawa, Inggris, Yunani, Arab, Sansekerta, atau bahasa-bahasa lainnya yang ada di dunia. Nama untuk bayi bisa berasal dari satu bahasa saja, namun tak ada salahnya pula untuk menyatukan beberapa kata dari beberapa bahasa yang berbeda. Apabila ingin terlihat unik, tak ada salahnya untuk menggabungkan nama ayah dan ibu. Selain itu, apabila memiliki nama keluarga, tak ada salahnya pula untuk disematkan.

Arti Nama

Nama adalah doa, dan tentunya mencari nama untuk bayi tidak boleh sembarangan. Nama untuk bayi memang boleh dari ragam bahasa, namun tentunya perlu diperhatikan pula arti dari nama-nama tersebut, karena nama untuk bayi akan digunakan selamanya, sehingga jangan sampai memberikan nama yang buruk untuk bayi. Seringkali orangtua terpukau dengan nama-nama yang terdengar keren, akan tetapi tidak tahu arti dari nama tersebut. Hal ini tentunya bisa berakibat fatal apabila nama yang terlihat keren ternyata memiliki arti yang buruk. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui arti dari nama yang akan diberikan pada si kecil.

Nama Panggilan

Memberikan nama untuk bayi, tentunya perlu dipikirkan pula nama panggilannya atau nama pendeknya. Sebisa mungkin cari nama panggilan yang mudah diucapkan, termasuk diucapkan oleh si anak sendiri ketika nantinya ia sudah bisa berbicara.

Tidak Terlalu Panjang

Sebaiknya pilih nama bayi yang tidak terlalu panjang, untuk di Indonesia sendiri, nama yang lumrah digunakan adalah 3 (tiga) kata atau tidak lebih dari 20 huruf. Hal ini selain agar nama tersebut mudah diingat, juga agar mempermudah si anak ketika akan mengurus segala yang bersifat administratif di kemudian hari.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memberikan nama bayi. Setiap orangtua tentunya berdoa agar anaknya memiliki hidup yang bahagia, dan doa tersebut bisa disematkan pertama kali pada nama yang diberikan.  

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *