Seputar Ibu Menyusui

Harus Move On dari ASI ke Susu Formula, Inilah Alasannya!

Bayi memang tidak bisa selamanya hidup hanya dengan meminum ASI saja. Ketika menginjak usia tertentu, mereka harus pindah atau kerap disebut dengan move on ke makanan lainnya, salah satunya adalah mengonsumsi susu formula. Memang ketika pertama kali memberikannya, sang bayi pasti akan lebih suka mengonsumsi ASI dibanding dengan susu buatan tersebut. Namun, nyatanya susu jenis tersebut sangat wajib untuk mereka konsumsi dan tidak boleh sampai tidak mengonsumsinya sama sekali. Hal ini dikarenakan beberapa alasan berikut yang juga menjadi daya tarik orang-orang memilih berbagai jenis dan juga merek dari susu tersebut.

Harus Move On dari ASI ke Susu Formula, Inilah Alasannya!

  • Perkembangan Otak

Yang menjadi alasan pertama mengapa Anda harus mengganti ASI menjadi susu ini karena jenis susu ini mengandung beberapa zat yang memang berguna untuk perkembangan otak si kecil. Susu ini memiliki zat yang baik seperti DHA, EPA, omega 3 dan 6, dan lain sebagainya. Dengan zat tersebut, sel otak dan juga jaringan di dalamnya akan mampu membentuk sinaps yang diketahui dapat membuat kecerdasan otak mereka semakin meningkat. Jadi, jika Anda ingin melihat si kecil tumbuh dengan baik dan cerdas, akan lebih baik mengganti ASI dengan susu ini.

Baca Juga: Kiat Menyimpan Susu Formula Bubuk yang Tepat

  • Belajar Mencerna

Selain mengandung zat yang baik untuk tumbuh dan kembang mereka, nyatanya dengan memberikan susu formula, si kecil akan belajar untuk mencerna makanan-makanan yang sifatnya lebih berat dari pada ASI. Meski jarang diberikan dan tidak selalu diberikan dalam jumlah yang banyak agar pencernaan mereka tidak bekerja terlalu keras, namun pemberian susu ini sangat melatih sistem pencernaan mereka. Jadi, jika sudah sedikit besar dan diberikan makanan sampingan, mereka tidak akan kaget lagi dan dapat mencerna dengan baik.

  • Rasa Kenyang Lebih Lama

Alasan lain yang membuat para orang tua harus memberikan susu tersebut untuk si kecil adalah karena susu ini dapat memberikan rasa kenyang untuk sang bayi lebih lama dari ASI. Hal ini dikarenakan sifat susu ini sedikit lebih sulit dicerna dibanding dengan ASI, maka itu akan memberikan rasa penuh pada perut mereka. Jika perut mereka terasa penuh, maka biasanya mereka akan lebih tidak rewel dan dapat tidur dengan waktu yang lebih lama dari biasanya. Anda pun juga diuntungkan dari memberikannya susu jenis tersebut.

  • Mata Sehat

Alasan terakhir yang membuat Anda harus move on dari ASI dan menggantinya dengan susu formula adalah susu ini dapat membuat mata mereka menjadi sehat dan berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya kandungan AHA dalam setiap jenis susu tersebut yang dikenal baik untuk merangsang perkembangan yang terjadi pada syaraf mata mereka. Jadi, untuk Anda yang menderita mata minus yang diketahui bisa menurun, akan lebih baik untuk cepat-cepat mengganti susunya dengan jenis susu yang kaya akan nutrisinya ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *