Tips dan Trik

Haruskah Memakai Detergen Khusus Untuk Mencuci Baju Anak?

Mempunyai buah hati tentu menjadi kebahagiaan bagi Anda yang telah membina rumah tangga. Lebih dari itu, segala keperluan si kecil juga harus Anda persiapkan. Selain asupan makan, perawatan tubuhnya juga perlu Anda perhatikan. Mulailah memperhatikan setiap detailnya dari sabun mandi, bahan pakaian, hingga produk detergen khusus untuk mencuci baju anak. Namun, sebenarnya perlukah menggunakan detergen khusus untuk mencuci pakaian buah hati? Simak penjelasanya berikut.

Haruskah Memakai Detergen Khusus Untuk Mencuci Baju Anak?

Perlukah Menggungakan Detergen Khusus?

Mungkin Anda kurang peduli dengan produk detergen yang digunakan selama ini ketika bayi belum lahir. Hal yang Anda tahu, detergen tersebut bisa membersihkan dan mengharumkan baju. Namun, Anda baru akan menyadari bahwa memilih produk detergen tidak semudah itu saat bayi sudah lahir.

Ya, tidak sedikit orangtua yang mengira bahwa untuk mencuci baju anak memerlukan detergen khusus. Akan tetapi, benarkah detergen yang biasa dipakai keluarga tidak bisa digunakan untuk mencuci baju si kecil?  

Ternyata, untuk mencuci pakaian anak sebenarnya Anda tak perlu menggunakan detergen khusus. Kecuali jika memang bayi Anda memiliki alergi tertentu seperti terhadap pewangi detergen atau mempunyai kulit yang sensitif. Jika bayi Anda bebas dari permasalahan kulit tersebut, maka detergen pakaian yang biasanya Anda gunakan aman-aman saja dipakai pada baju anak.

Gejala Jika Bayi Tidak Cocok Detergen Biasa

Bila buah hati mempunyai kulit yang sensitif, maka ketika ia mengenakan baju yang dicuci dengan detergen biasa, mungkin akan muncul gejala-gejala seperti:

  • Kulitnya mudah kering
  • Sering timbul bintik merah pada permukaan kulit
  • Gatal-gatal
  • Eksim

Jika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya ganti produk detergen khusus untuk mencuci pakaian bayi Anda dan segera periksakan si kecil ke dokter. Tetapi, beberapa produk detergen khusus pakaian bayi terkadang justru kurang ampuh menghilangkan kotoran. Jika begitu, Anda bisa memilih produk detergen biasa yang tidak mengandung zat pewangi berlebihan dan tidak berwarna. Karena, umumnya yang cenderung aman untuk kulit bayi adalah detergen dengan karakter seperti itu.

Cara Mencuci Baju Bayi yang Tepat

Setelah memilih detergen, cara Anda juga tidak boleh sembarangan saat mencucinya. Berikut adalah beberapa tips mencuci baju anak:

  • Pisahkan baju yang terkena kotoran dan tidak. Hal ini dilakukan agar baju kotor tersebut bisa tercuci bersih dan kotorannya pun tidak mengenai baju lainnya.
  • Gunakan air dengan suhu yang tepat. Sebaiknya, sebelum dicuci rendam baju anak yang kotor dengan air panas selama 10-15 menit.
  • Hindari pelembut dan pewangi pakaian. Biasanya produk tersebut dapat membuat kulit si kecil iritasi dan alergi karena memiliki zat kimia tertentu.
  • Keringkan baju anak di bawah terik matahari. Jangan hanya mengandalkan mesin pengering saja, agar tidak lembap dan tumbuh jamur sebaiknya tetap jemur pakaian si kecil di bawah sinar matahari setelah dikeringkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *