Perawatan Bayi

Hati-hati Menggunakan Bedak Bayi untuk Merawat Buah Hati Anda

Bedak bayi dipergunakan untuk pencegahan kulit bayi agar tidak iritasi, tetap lembut serta memiliki aroma yang wangi. Sayangnya, dibalik seluruh kebaikan tersebut, bedak mempunyai resiko gangguan kesehatan. oleh sebab itu bedak bisa saja berbahaya. Beberapa bedak memiliki kandungan talek. Kandungan ini sangat berbahaya bila terhirup terlalu sering serta terlalu banyak karena akan menimbulkan kerusakan paru atau terjadi gangguan pernapasan.

Bila buah hati terlahir prematur serta mempunyai gangguan pernapasan, kandungan talc di bedak bisa berpotensi membahayakan kesehatannya walaupun bedak tersebut hanya terhirup sedikit. Bila kurang berhati-hati menggunakan bedak, ada beberapa efek samping yang muncul seperti:

  • Di sistem syaraf. Bila menyerang sistem syaraf, akan muncul kedutan di otot wajah, kaki dan tangan, bahkan kadang disertai dengan demam. Bayi akan terlihat menjadi lesu serta kurang aktif,
  • Jantung serta darah. Efek bedak pada jantung dan darah bisa menimbulkan tekanan darah rendah dan kejang,
  • Kulit. Bedak bisa menimbulkan efek samping contohnya seperti lecet serta biru-biru yang berada di bagian bibir, kulit dan kuku,
  • Paru-paru. Anda harus memperhatikan pemberian bedak karena akan menimbulkan gangguan paru-parunya seperti batuk, sesak dan sakit di dada.

Efek samping yang dimiliki oleh bedak bayi ini akan muncul saat bedak terhirup cukup lama dan dalam jangka waktu yang panjang. Hal pertama yang dapat Anda lakukan saat bayi tidak sengaja menghirup bedak ini ialah membawanya keluar ruangan sehingga ia akan menghirup udara yang segar. Bila kondisinya kurang membaik, atau tidak kunjung membaik, Anda dapat membawanya ke dokter.

Baca Juga:Pemilihan Bedak Bayi yang Aman untuk Digunakan

Agar bisa menghindari resiko atau efek samping yang dapat terjadi, lebih baik Anda melakukan sejumlah tindakan pencegahan untuk meminimalkan berbagai resiko. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Perhatikan kandungan yang berada di dalam bedak. Anda bisa memperhatikan kembali, sebenarnya seperti apa kandungan bedak yang digunakan. Pilih bedak yang tidak memiliki kandungan seperti talc di dalamnya,
  • Ketika ingin menggunakan bedak, Anda bisa meletakkan bedak terlebih dahulu di tangan Anda. selain itu jauhkan dari bayi dan balurkan di tubuhnya,
  • Minimalkan iritasi dengan cara menghindarkan bedak dari lipatan kulit bayi. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah membersihkan sisa powder ketika mengganti popok atau pun saat mengganti pakaiannya.

Efek dari bedak bayi ini dapat terjadi jika bedak yang memiliki kandungan talc dihirup dalam jumlah banyak dan membuat bayi tersedak dalam jumlah kecil namun lama. Anda harus berhati-hati saat memberikan bedak ke tubuhnya. Balurkan bedak dengan perlahan selain itu ketika membedaki bayi di bagian wajah, jangan memperbanyak bedak di bagian hidungnya karena hidung sangat rawan menghisap bedak dalam jumlah yang banyak.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *