Perawatan Bayi

Hindari 5 Kesalahan Dalam Merawat Bayi

Merawat bayi yang baru lahir memang bukan hal yang mudah, apalagi untuk ibu muda. Kekhawatiran seringkali muncul pada waktu minggu-minggu pertama dan menjadi tantangan baru.

Melakukan perawatan bayi dibutuhkan pengetahuan seputar hal-hal yang berhubungan bayi. Selain itu diperlukan ketelitan dan ketelatenan. Namun tidak sedikit orang tua baru yang melakukan kesalahan. Agar tidak terjadi kesalahan, ketahui beberapa kesalahan yang harus dihindari saat melakukan perawatan pada bayi Anda.

  • Banyak Barang

Perlengkapan bayi adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan. Ada banyak manfaat dan tujuan orang tua memberikan perlengkapan untuk buah hatinya. Namun sebaiknya perhatikan usia dan kebutuhan bayi. Terkadang terlalu banyak barang di kamar bayi bisa memicu Sudden Infant Death Syndrom (SIDS) atau lebih dikenal dengan istilah mati mendadak akibat kecelakaan, seperti tertimpa benda, tertutup boneka dsb. Oleh sebab itu, beli dan simpan barang yang diperlukan saja. Pilih setiap item perlengkapan yang aman dan nyaman untuk bayi.

  • Semua Dilakukan Sendiri

Mengikuti perkembangan bayi, merawatnya setiap hari bisa menjadi moment yang asik dan membanggakan. Akan tetapi tidak seharusnya Anda berperan sendiri. Libatkan ayah untuk mengasuh dan merawat bayi, sehingga ayah merasakan tanggung jawab dan mendapatkan moment yang berharga. Misalnya: beri ia waktu untuk mengganti popok, menggendong, menidurkan bayi dsb.

  • Tidak Memiliki Jadwal Tidur

Biasanya orang tua merasa maklum dengan jam tidur bayi yang tidak teratur. Padahal jadwal tidur sudah bisa dibiasakan saat usia bayi 4 bulan. Anda bisa memperbaikinya dengan membangunkan bayi pada waktu pagi hari dan membiasakan tidur pada pukul 7 atau 8malam.

  • Jangan Memaksa Bayi

Apabila bayi menolak dan rewel saat harus mandi, makan dsb, jangan pernah memaksanya. Anda bisa merayunya dengan hal-hal yang menyenangkan untuk mengalihkan perhatiannya. Contohnya: jika ia menolak mandi, caranya bisa dengan menyimpan beberapa mainan di bak mandi bayi. Atau jika ia menolak makan, coba buat cerita yang menarik, jika ia ingin makan dengan memegang sendok dari tangannya sendiri jangan dilarang. Namun tetap dalam pengawasan dan dibantu.

  • Tidak Mudah Cemas

Jika terjadi perubahan pada bayi Anda,  jangan langsung panik. Contohnya: ruam popok, hidung tersumbat, biang keringat, pertumbuhan gigi, usai imunisasi dsb. Anda bisa periksa dan konsultasikan dengan dokter apabila kondisinya parah, agar bisa dengan segera ditangani dengan tepat.

Perawatan bayi memang dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan, apalagi merawat bayi yang baru lahir. Segala hal yang kecil-pun harus diperhatikan, seperti: mengganti popok yang aman, memberikan pijatan, cara memandikannya, pemilihan perlengkapan mandi yang aman dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui apa saja kesalahan perawatan untuk bayi seperti yang sudah kita bahas di atas, diharapkan dapat menghindari kesalahan. Dengan demikian bayi aman dan Anda bisa merawat bayi dengan tenang dan menyenangkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *