Tips dan Trik

Hindari Bayi Meninggal Mendadak dengan Beberapa Cara Berikut Ini!

Mempunyai bayi yang lahir sempurna dan tumbuh dengan sehat merupakan harapan setiap pasangan suami istri. Tetapi mendengar kasus banyaknya bayi meninggal mendadak sering membuat orang tua merasakan ketakutan. Hal itu memang bukanlah isapan jempol saja, banyak masyarakat Indonesia yang harus kehilangan buah hari karena ketidakpahamnya dalam merawat. Makanya supaya Anda tidak mengalami kesedihan yang sama. Ada baiknya untuk mencari informasi atau pengetahuan mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan supaya bayi tidak mengalami meninggal secara mendadak.

Hindari Bayi Meninggal Mendadak dengan Beberapa Cara Berikut Ini! 

Umumnya bayi yang mati secara tiba-tiba itu tidak ditandai dengan gejala ataupun hal aneh, jadi sangat susah sekali diteliti. Namun ada beberapa ahli yang mempercayai bahwa masalah yang sering dialami oleh bayi usia kurang dari satu tahun itu terjadi karena posisi tidur. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi kemungkinan terjadinya kematian pada seorang bayi yaitu:

  • Posisi terlentang.

Telentang merupakan posisi istirahat bayi yang menjadi salah satu usaha untuk dapat mengurangi resiko terjadinya SIDS atau kematian mendadak. Karena dengan posisi tidur yang miring ataupun yang lainnya itu lebih tidak aman. Bahkan resiko mengalami masalah kematian secara tiba-tiba akan lebih besar lagi. Namun karena posisi tidur yang sering tidak beraturan, makanya orang tua perlu selalu melakukan pengecekan.

  • Jangan biarkan asap rokok.

Rokok merupakan satu dari banyaknya penyebab yang harus dihindarkan dari bayi Anda, apalagi sedang dalam posisi tidur. Pada dasarnya itu bukan saja bisa menjadi penyebab utama bayi meninggal mendadak tetapi juga mengalami masalah kesehatan lainnya. Jadi jika ada anggota keluarga yang sering melakukan aktivitas tersebut ada baiknya untuk jauh dari rumah atau posisi bayi.

  • Jangan gunakan seprei terlalu tebal.

Kondisi dingin sering membuat orang tua berinisiatif untuk memberikan selimut ataupun seprei yang tebal. Hal itu sah-sah saja tetapi ada baiknya untuk selalu memperhatikan tingkat polah bayi ketika menggunakan. Jangan sampai selimut yang digunakan justru membuat pernafasannya terganggu dan meninggal dengan cepat.

  • Perhatikan sirkulasi dan ventilasi.

Bayi berbeda dengan orang dewasa yang sudah paham akan lingkungan, makanya perlu untuk beradaptasi dengan perlahan. Seperti suhu kamar yang digunakan oleh bayi, ini sering sekali dilupakan oleh orang tua. Jangan terlalu panas, dingin, pengap ataupun yang lainnya sehingga membuat bayi susah bernafas. 

Demikian beberapa hal yang menjadi penyebab bayi bisa mendadak meninggal dunia padahal tidak terkena penyakit ataupun masalah sebelumnya. Kehilangan buah hati bukanlah hal yang mudah, makanya supaya Anda tidak merasakan atau mengalami bayi meninggal mendadak perlu untuk memperhatikan pergerakan buah hati. Jangan sampai kelalaian Anda menjaga ternyata beresiko buruk terhadap hidupnya, nyawa menjadi taruhan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *