Perawatan Bayi / Perlengkapan Bayi

Ibu, Ini Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang harus Disiapkan

Mendekati hari hari menuju persalinan, ibu biasanya sudah mulai disibukkan dengan persiapan kebutuhan bayi baru lahir. Ibu mencicil menyiapkan agar nantinya saat bayinya lahir, ibu sudah tidak repot mencari kebutuhan tersebut. Nah, di toko perlengkapan bayi banyak barang-barang perlengkapan bayi yang lucu dan menggemaskan membuat ibu ingin membeli semua. Agar keuangan bisa tetap terjaga, ibu lebih baik membuat daftar perlengkapan bayi baru lahir dan jumlahnya.

Berikut adalah beberapa kebutuhan bayi baru lahir yang bisa ibu beli sebelum bayi lahir.

cermat-berbelanja-kebutuhan-bayi-berkat-4-tips-ini_727_10-Wyeth_Sept2016_Image2.png (880×580)

  1. Baju bayi

Kebutuhan pertama adalah membeli baju bayi. Baju bayi ini lebih baik ibu membeli dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Misalnya, ibu cukup membeli selusin baju tidur yang nyaman untuk dikenakan di rumah dan satu baju untuk bepergian. Mengapa untuk bepergian hanya cukup membeli satu baju? Selain karena bayi yang baru lahir akan lebih banyak di rumah, biasanya beberapa teman dan kerabat menghadiahkan baju juga untuk menyambut kehadiran si kecil di dunia ini. Lagipula, bayi bertumbuh sangat cepat, jadi kalau memiliki banyak baju dalam satu ukuran, maka dalam satu waktu tertentu baju tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi. Saat memilih baju, ibu harus mempertimbangkan bahan dan jahitan dari baju tersebut agar nyaman digunakan oleh bayi.

  1. Kaus kaki dan sarung tangan bayi

Bayi memang terkondisi sebagai manusia yang ringkih dan sensitif. Nah, perubahan suhu dari dalam kandungan yang terbiasa hangat, kemudian bayi terlahir ke dunia, membuat beberapa bayi sering rewel karena kedinginan. Oleh karena itu, ibu juga harus menyiapkan kaus kaki dan sarung tangan bayi untuk menjaga bayi senantiasa merasa hangat. Tidak hanya itu, sarung tangan juga berfungsi untuk menjaga agar kuku tangan bayi tidak melukai wajahnya karena tidak sengaja tergores. Sedangkan untuk topi bayi, hal ini tidak menjadi kewajiban karena tidak semua bayi nyaman menggunakan topi bayi. Jika pun ibu ingin membelikan topi bayi, pilih yang berbahan lembut dan tidak ketat saat digunakan.

  1. Popok atau diaper

Diaper merupakan salah satu benda paling penting yang dipersiapkan. Ibu bisa memilih apakah ingin menggunakan popok kain atau popok sekali pakai. Masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Popok kain memang lebih nyaman digunakan karena bahannya terbuat dari kain katun dan tidak membuat kulit bayi menjadi teriritasi. Namun, popok kain ini sangat merepotkan karena setiap bayi buang air, maka mau tidak mau popoknya harus diganti. Hal ini tentu menyebabkan cucian popok kain menumpuk. Lain halnya jika ibu memilih menggunakan popok sekali pakai atau diaper.

Memang popok sekali pakai ini sangat praktis dan bisa digunakan selama beberapa saat, namun, jika ibu abai terhadap kebersihannya, bukan tidak mungkin jika kulit bayi menjadi gatal, kemerahan, dan iritasi akibat ruam popok. Cara menentukan apakah ibu ingin menggunakan popok sekali pakai atau popok kain adalah dengan mencobanya terlebih dahulu. Ibu bisa membeli popok kain dan popok sekali pakai dalam jumlah yang tidak banyak, misalnya masing-masing satu lusin. Kemudian saat bayi nanti lahir, ibu bisa mencoba da merasakan ritme mana yang ibu dan bayi sukai. Siapkan pula krim diaper untuk berjaga jaga jika bayi nanti mengalami ruam popok.

  1. Peralatan Mandi

Untuk peralatan mandi ini sebenarnya antara perlu atau tidak perlu untuk dibeli sebelum persalinan. Karena peralatan mandi termasuk salah satu kado yang cukup banyak diterima saat kelahiran bayi. Namun tidak ada salahnya jika ibu mempersiapkan seperti bak mandi bayi, perlak, dan sisir bayi. Sedangkan untuk sampho dan sabun, lebih baik tidak usah dibeli dahulu. Untuk perlengkapan lainnya, ibu bisa baca selengkapnya di sini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *