Tips dan Trik

Info Dunia Kehamilan, Makanan Yang Pantang Untuk Dimakan

Ibu hamil harus menjaga kondisi kesehatannya dan memperhatikan hal-hal lainnya demi kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Salah satunya yang akan kita bahas dalam artikel dunia kehamilan ini, yaitu mengenai pantangan makanan saat hamil.

Makanan adalah faktor penting yang mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin dan inu hamil, terutama pada waktu hamil muda. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, bergizi sesuai dengan kebutuhan dan usia kehamilannya.

Selain itu penting untuk diketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang jadi pantangan saat hamil dan berbahaya jika dikonsumsi. Apa saja jenis makanan yang jadi pantangan ibu hamil? yuk, simak langsung pembahasannya dalam artikel seputar dunia kehamilan berikut ini.

Hati Sapi Dan Daging Olahan

Hati sapi sangat kaya akan nurtisi, seperti: zat besi dan bisa membantu meningkatkan seld arah merah. Namun sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan ini karena dikhawatirkan mengandung cacing yang membahayakan kandungan

Hindari mengkonsumsi daging olahan, seperti: bakso, sosis, kornet, tempura yang dalam kemasan. Karena biasanya daging olahan kemasan mengandung bahan pengawet dan bahan lainnya yang kurang baik untuk perkembangan dan kesehatan janin.

Salad Olahan

Hindari juga mengkonsumsi salad atau sayuran olahan. Karena bahan yang digunakan untuk salad adalah sayuran mentah dan ibu hamil dilarang mengkonsumsi makanan mentah. Karena dikhawatirkan bakteri dan kotoran yang masih menempel pada sayuran bisa membahayakan bayi dan ibu hamil. Sebaiknya olah sayuran dengan cara di masak terlebih dahulu.

Baca Juga: Hal-Hal Menyenangkan Seputar Dunia Kehamilan

Jus Kemasan

Minum buah-buahan yang sudah diekstrak menjadi jus memang bagus untuk kesehatan. Namun sebaiknya konsumsi jus yang diolah sendiri di rumah. Sebaiknya hindari membeli minuman jus atau minuman kemasan karena dikhawatirkan mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan.

Daging Setengah Matang Atau Mentah

Makanan yang menggunakan bagan daging mentah sebaiknya dihindari, contohnya sushi. Jika ibu memasak daging sebaiknya benar-benar matang. Proses memasak daging hingga matang sangat disarankan karena Anda tidak akan pernah tahu bakteri apa yang bisa membahayakan kandungan. Karena kadang kehamilan menjadi lemah karena disebabkan oleh infeksi. Hal tersebut berlaku juga jika Anda mengkonsumsi telur dan ikan.

Minuman Kopi

Kopi bagi sebagian orang menjadi minuman wajib saat pagi dan sore hari. Namun sebaiknya ibu hamil hindari mengkonsumsi kopi, karena kadar kafein yang ada di dalamnya bisa mempercepat detak jantung.

Rokok Dan Alkohol

Rokok dan alkohol jelas dilarang untuk ibu hamil karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan dan membahayakan kesehatan untuk ibu hamil itu sendiri. Yang lebih parah, alkohol bisa menyebabkan gangguan pada janin dan menyebabkan keguguran.

Itulah beberapa makanan yang jadi pantangan untuk ibu hamil. Ada banyak informasi dan pengetahuan mengenai ibu hamil yang harus diketahui, khususnya bagi calon orang tua. Anda bisa mendapatkan artikel seputar dunia kehamilan di web ini, dengah harapan dapat menjadi rujukan untuk menjaga kehamilan sampai proses persalinan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *