Tips dan Trik

Informasi Penting Mengenai Bedak Bayi yang Harus Diketahui Orangtua

Bedak adalah kosmetik yang digunakan di muka. Ada banyak jenis bedak yang ada seperti bedak tabur dan juga bedak padat. Untuk orang dewasa bedak tersebut merupakan salah satu alat make up yang harus digunakan sehari-hari karena mempunyai banyak manfaat. Tetapi bagi yang ingin tetap tampil natural biasanya menggunakan bedak tabur. Sedangkan untuk bedak bayi adalah bedak yang digunakan untuk bayi karena mempunyai efek, ph, dan juga tingkat sensitif yang sesuai dipakai untuk bayi.

Penggunaan bedak untuk bayi yang masih kecil ini sendiri banyak dilakukan oleh masyarakat. Hal tersebut karena bedak untuk bayi dipercaya dapat untuk menjaga kelembutan kulit bayi. Selain itu juga bisa untuk menjaga kesehatan kulit bayi tersebut. Tetapi banyak juga masyarakat yang tidak setuju karena beranggapan menggunakan bedak untuk bayi yang masih dibawah 1 tahun akan menyebabkan alergi karena mudah terhirup oleh bayi tersebut. Selain alergi, efek lain yang bisa ditimbulkan adalah adanya gangguan pernafasan yang bisa terjadi karena masuknya partikel bedak dalam tubuh bayi.

Untuk menghindari hal-hal yang buruk terjadi ketika memakai bedak yang sebenarnya juga mempunyai manfaat tersebut. Maka sebaiknya Anda harus tahu cara menggunakan bedak yang tepat agar nantinya bedak bayi mempunyai manfaat untuk bayi bukannya justru akan membuatnya celaka. Salah satu contohnya seperti dengan mengetahui cara memakai bedak untuk bayi yang tepat. Adapun cara untuk memakainya adalah

  • Ambil bedak khusus bayi dan kemudian letakkan di telapak tangan orangtua.
  • Ratakan bedak tersebut dan usapkan pada kulit bayi. Usahakan agar tidak meratakan bedak diatas tubuh terutama muka bayi agar tidak jatuh dan terhirup olehnya.
  • Oleskan bedak pada tubuh setelah dikeringkan dengan handuk agar tidak menimbulkan jamur.
  • Gunakan bedak di bagian yang tepat yaitu yang mudah berkeringat seperti di lipatan lengan, leher, ketiak, dan juga pangkal pahanya.

Saat menggunakan bedak tersebut, sebaiknya ada beberapa hal yang harus dihindari seperti:

  • Hindari pemakaian bedak secara berlebihan sehingga membuatnya tebal dan terlihat menumpuk. Apabila bedak menumpuk maka bisa menyebabkan iritasi dan tidak nyaman pada anak karena mudah berkeringat.
  • Jangan oleskan bedak pada bagian tubuh anak yang sedang terluka.
  • Jangan gunakan bedak pada bagian tubuh anak setelah pipis.

Apabila hal tersebut dilakukan dengan benar, maka orangtua dan bayi bisa mendapatkan keuntungan dari menggunakan bedak bayi tersebut. Keuntungannya seperti dapat untuk menyerap keringat karena bayi memang mudah berkeringat. Selain itu dapat untuk menjadi produk perawatan dan juga pelicin untuk anak agar mudah bergerak. Bedak tersebut juga berfungsi untuk mengurangi resiko lecet karena gesekan yang mungkin terjadi ketika bayi sedang bermain. Dan keuntungan lainnya tentu saja akan mengurangi bau badan bayi karena bermain seharian.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *