Tips dan Trik

Ingin ASI yang Anda Miliki Tidak Pernah Habis dan Selalu Lancar? Pastikan untuk Menerapkan Cara Jitu Ini!

Memiliki buah hati di dalam suatu keluarga memang merupakan hal yang paling membahagiakan setiap orang tua, terutama jika mereka baru saja resmi menjadi orang tua, yakni yang baru pertama kali memiliki anak. Hal tersebut pastinya merupakan pengalaman yang paling tidak terlupakan. Masing-masing orang tua pun memiliki peran yang berbeda, misalnya saja pada sang ibu, mereka harus merawat si kecil hingga besar dan benar-benar memperhatikan tumbuh kembang mereka. Ketika baru lahir, biasanya bayi lebih disarankan untuk diberikan ASIyang dimana diproduksi langsung dari sang ibu. Namun sering kali, karena setiap manusia pastinya berbeda, maka terkadang beberapa wanita yang sehabis melahirkan mengalami masalah atau kesulitan untuk memberikannya kepada si kecil. Ada pula yang memang tidak bisa keluar atau memiliki jumlah yang sedikit saja. Hal ini tentunya tidak baik untuk si kecil karena harus mengonsumsi susu formula. Untuk dapat memproduksi lebih banyak dan lancar, maka Anda wajib menerapkan beberapa cara jitu ini:

Ingin ASI yang Anda Miliki Tidak Pernah Habis dan Selalu Lancar? Pastikan untuk Menerapkan Cara Jitu Ini! 

  • Minum Air Putih

Meski terlihat begitu sepele, namun nyatanya meminum air putih setiap hari dalam takaran yang sudah ditentukan dapat memberikan efek yang sangat bagus untuk tubuh kita. Tidak kecuali dalam hal menyusui, pastinya dengan banyak minum air putih ini dapat memperbanyak volume susu dan juga membuatnya menjadi lebih kental, lancar, serta memiliki kualitas yang sangat tinggi dan eksklusif. Tentunya hal ini sangat baik sekali untuk dilakukan setiap ibu yang baru saja melahirkan dan terus diterapkan setiap harinya. 

  • Sering Menyusui

Jika Anda memiliki jumlah ASI yang memang tidak terlalu banyak, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk Anda tidak menyusui si kecil. Tetap lakukan praktek menyusui sesering mungkin. Hal ini dapat membuatnya lebih banyak serta lebih kental teksturnya. Hal tersebut dapat terjadi karena untuk menghasilkan lebih banyak, maka payudara sang ibu pun harus terus menerus diberikan rangsang.

  • Memberi Pijatan

Cara lain yang juga sangat ampuh untuk memperbanyak dan memperlancarnya adalah dengan memberikan pijatan sebagai berikut:

  • Hangatkan payudara dengan menggunakan handuk hangat dan diamkan selama 2 menit. Ulang hal ini hingga 4 sampai 5 kali.
  • Pijat putting dengan perlahan ke arah atas dan bawah.
  • Pijat bagian areola ke atas, ke bawah, kanan dan juga kiri 5-6 kali.
  • Pijat buah payudara secara melingkar mengikuti bentuknya sebanyak 5-6 kali.
  • Konsumsi Makanan Sehat

Hal terakhir yang sangat dianjurkan untuk para ibu agar dapat memproduksi ASI dengan lancar dan tidak cepat habis adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan juga vitamin. Namun pastikan untuk membatasi setiap makanan yang dimakan. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi daun katuk atau pun daun papaya jika memang membutuhkannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *