Kesehatan / Manfaat Pangan / Perawatan Bayi

Ingin Bayi Tumbuh dengan Baik, Yuk Kenali Makanan Bayi 6 Bulan Ini

Masa golden age anak adalah ketika berumur sampai 2 atau 3 tahun sehingga para orang tua harus memberikan asupan nutrisi yang terbaik agar menunjang tumbuh kembang anak. Pada umur 0-6 bulan, asupan utama dan satu-satunya bayi adalah ASI yang disebut dengan ASI eksklusif. Pemberian ASI selama 6 bulan penuh tak hanya baik untuk bayi, namun juga baik untuk ibu termasuk menjalin ikatan antara ibu dan anak. Ayahpun juga bisa menjadi ayah ASI dengan mendukung ibu menyusui. Ketika anak berusia 6 bulan 1 hari maka MPASI pertama akan diberikan dengan tetap memberikan ASI. Pemberian makanan bayi 6 bulan ini bertujuan untuk memenuhi ketubuhan bayi untuk tumbuh kembangnya.

Di awal awal pemberian makanan, bayi 6 bulan memang akan susah, karena bayi akan mendapatkan rasa baru selain ASI. Ibu tidak perlu khawatir jika bayi menolak makan, karena itu adalah hal yang biasanya, cukup bersabar dan menunggu bayi untuk bisa beradaptasi dengan makanan tersebut.

Beberapa makanan bayi usia 6 bulan yang bisa ibu berikan adalah

  1. Pure Pisang

Untuk tahap perkenalan makanan pada bayi, ibu sebaiknya memberikan buah dan sayur untuk MPASI pertama. Pengenalan sayur dan buah secara beragam akan mencegah anak menjadi picky eater terhadap makanan. Pada pemberian MPASI pertama, sebaiknya  makanan tidak ditambahkan dengan bumbu karena bisa menyebabkan anak tidak mau makan jika rasanya hambar untuk ke depannya.

Menu pertama yang bisa ibu coba adalah pure pisang. Bahan dan cara pembuatannya cukup mudah yaitu siapkan 1 buah pisang ambon dan 3 sdm ASI. Kemudian ibu bisa menghaluskan pisang dengan blender ataupun dengan sendok dan tambahkan ASI. Gunakan sendok khusus bayi atau sendok steenless steel yang berukuran 1 sendok teh agar cukup masuk ke bibir mulut bayi ketika memberinya makan.

 

  1. Bubur Susu

Makanan bayi 6 bulan berikutnya yang mempunyai tektur lembut adalah bubur susu.  Penggunaan bubur dari beberapa bahan tepung seperti tepung beras, tepung sagu, maizena, dan tepung kacang hijau adalah untuk memenuhi kebutuhan serat dan kalori dari bayi.

Cara membuatnya adalah siapkan 10 gr salah satu tepung tersebut dan 20 sdm ASI. Kemudian, masak tepung dengan porsi air yang sedikit, kemudian angkat dan taruh di mangkok dan yang terakhir adalah campur dengan ASI.

 

  1. Pure Wortel

Konsumsi sayuran memang sangat bagus untuk bayi, salah satunya adalah wortel. Sayuran dengan kandungan vitamin A dan mineral ini bagus untuk penglihatan bayi. Untuk membuatnya juga tidak terlalu susah, ibu bisa mengkukus wortel terlebih dahulu dan haluskan menggunakan blender. Ibu juga bisa mencampurkan dengan sayuran lainnya yang kaya akan vitamin dan mineral seperti bayam.

 

  1. Bubur Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu produk yang bisa dijadikan MPASI karena mudah dicerna bagi bayi. cara pembuatannya adalah blender beras merah sampai halus, kemudian masak dengan air yang cukup sampai matang. Jika konsistensi bubur kurang lembut, maka ibu bisa menambahkan air.

 

Setelah mengetahui berbagai macam MPASI bayi usia 6 bulan, oran tua juga harus perlu waspada terhadap jenis makanan yang memicu alergi seperti telur, susu sapi, ikan, kerrang, dan gandum.

Selain itu, perhatikan juga makanan yang memicu gas dalam lambung, contohnya bawang, kacang, dan produk olahan susu. Ibu bisa memberikan dalam jumlah yang sedikit agar bisa dideteksi apakah bayi alergi ketika diberikan makanan tersebut. Selamat mencoba.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *