Tips dan Trik

Ingin Memberikan Cemilan Bayi yang Aman? Berikut Aturannya

Saat bayi sudah mengenal belajar makan, cemilan adalah hal yang bisa membantu perkembangannya. Cemilan bayi ini juga tidak boleh sembarangan diberikan. Ada beberapa aturan yang harus Anda perhatikan untuk memastikan makanan tersebut, bersih, aman, dan sesuai usianya.

Ingin Memberikan Cemilan Bayi yang Aman? Berikut Aturannya

Tips Memberi Cemilan yang Aman

  1. Membuat snack sendiri. Hal ini tentu akan membantu Anda memantau asupan pada anak. Mengetahui kadar vitamin yang diberikan serta memastikan tidak ada yang berbahaya. Berikut ini adalah salah satu jenis snack mudah dibuat:
  • Potongan buah
  • Keju parut
  • Sereal gandum utuh dengan kandungan rendah gula
  • mini muffins serta crackers
  1. Berikan cemilan yang masih segar. Sebelum memberikan snack pada anak, Anda wajib untuk mencicipinya terlebih dahulu, apakah cemilan tersebut masih segar atau tidak. Juga pastikan rasanya enak agar si kecil suka. Hindari memberikan snack kemasan karena umumnya mengandung MSG, pengawet, lemak, serta pemanis yang berbahaya bagi pencernaan bayi. Berhati-hati juga jika Anda menitipkan sang buah hati ke tempat penitipan. Pastikan mereka memberikan makann yang sehat.
  2. Memberikan apa yang menjadi pilihan anak. Jika Anda sudah memastikan kandungan snack dan keamanannya untuk dikonsumsi, kini Anda bisa membiarkan anak untuk memilih apa yang disukainya. Anda tidak perlu menunjuk makanan tertentu untuk dikonsumsi. Selama makanan tersebut tidak berbahaya, biarkan anak memilih kesukaannya.
  3. Jangan dipaksa. Jika Anda sudah mengetahui makanan yang pantas dikonsumsi, bukan berarti Anda bisa memaksakannya untuk dikonsumsi anak. Bisa saja anak tidak menyukainya. Dengan begitu berilah beberapa pilihan, dan biarkan anak yang memilih.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, tidak kalah pentingnya selalu mencari tahu apa yang baik dan tidak untuk bayi. Seperti pemberian makanan manis yang terlalu sering yang bisa memberikan efek jangka panjang pada bayi. Hal ini akan membuat bayi kebiasaan mengkonsumsi makanan manis hingga dewasa, yang sebetulnya tidak bagus bagi kesehatan. Namun juga bukan berarti Anda bisa selalu memberikan makanan berkalori tinggi, Hal ini pun juga akan menciptakan kebiasaan di usia mendatang,

Mengatasi bayi bosan dengan camilannya

Memastikan cemilan bayi yang sehat bukan hanya menjadi focus utama bagi orang tua. Hal lain yang sering terjadi adalah bayi yang bosan dengan cemilan-cemilan tersebut. Maka hal inilah yang bisa Anda lakukan:

  • Memberikan variasi setiap dua hari sekali. Biasanya bayi memiliki kecenderungan bosan jika diberikan cemilan sama lebih dari tiga hari.
  • Memberikan tambahan atau di mix dengan cemilan lain
  • Mencari referensi baru. Ini adalah kegiatan yang bisa Anda lakukan selain mengkombinasikan cemilan yang ada.
  • Jika Anda belum menemukan referensi cemilan bayi yang baru, Anda bisa memberikan cemilan sembari bermain dengan bayi, hal ini akan menarik perhatian bayi.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *