Tips dan Trik

Ingin Memiliki Bayi Gemuk dan Sehat? Berikan Makanan Super Berikut Ini!

Bayi yang gemuk dan sehat tentu sangat menggemaskan. Bahkan banyak sekali anak-anak dan orang dewasa yang sangat menyukai bayi yang bertubuh gemuk dan gempal. Agar bisa memiliki bayi yang gemuk, tentu bukan dilakukan dengan sembarangan dengan memberikan makanan asal untuknya. Hal ini demi menjaga jika bayi gemuk tersebut memang dalam kondisi sehat, bukan justru obesitas. Perut bayi sangat kecil sehingga untuk porsi makannya pun tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, makanan yang sedikit namun kaya akan nutrisi akan sangat baik untuk mendukung pertumbuhan si kecil.

Umumnya bayi akan diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI ketika usianya lebih dari 6 bulan. Di usia inilah sangat baik jika memberikan makanan yang tepat dan bernutrisi untuk si kecil sehingga mendukung bobotnya serta mendukung kesehatannya. Beberapa prinsip yang wajib diketahui adalah pemberian makanan pada bayi wajib segar, memiliki ragam rasa, tekstur dan warna. Jika anak memiliki riwayat alergi, maka Anda juga patut waspada dalam memilihkan makanan untuknya.

Untuk membantu agar bayi gemuk, maka berikut ini beberapa pilihan makanan yang patut disajikan:

  • Brokoli

Serat yang dikandung di dalam brokoli sangat banyak. Selain itu sayur ini juga mengandung kalsium dan asam folat sehingga baik dalam pencegahan kanker. Brokoli bisa jadi langkah tepat untuk memberikan pengalaman rasa sayur pada si kecil. Namun potong kecil dan kukus brokoli sehingga lembut dan Anda pun dapat mengkombinasikan dengan bahan makanan lainnya.

  • Pisang

Buah ini mudah dibawa dan juga disajikan. Kandungan karbohidrat serta serat yang dimilikinya akan baik untuk tubuh si kecil. Pilihlah pisang matang untuk si kecil. Anda bisa langsung mengerok dan menghaluskannya sebelum menyuapi si kecil.

Baca Juga: Bayi Gemuk Bukan Penentu Tingkat Kesehatan Pada Bayi

  • Ubi

Vitamin C, serat, antioksidan dan kalium ternyata kaya di dalam ubi. Manisnya rasa ubi pasti akan membuat si kecil suka menyantap ubi. Anda bisa merebus lalu menumbuknya hingga halus sehingga teksturnya seperti bubur.

  • Alpukat

Buah alpukat juga memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, manfaatnya juga baik dalam membantu menunjang perkembangan otak anak lantaran kaya akan lemak tak jenuh. Buah ini cepat mengenyangkan sehingga Anda bisa memberikan pada si kecil dalam porsi yang tak terlalu banyak.

  • Wortel

Dengan rasa yang manis dan warna cerah, wortel juga wajib menjadi santapan si kecil. Anda bisa mengukusnya sampai matang lalu dihaluskan dan suapkan pada bayi sehingga manfaat beta karoten di dalamnya bisa didapatkan.

Itulah beberapa makanan super yang bisa jadi pilihan untuk menu si kecil. Bayi gemuk bisa diusahakan, namun pastikan jika semua makanan yang disantapnya memang bernutrisi dan baik untuk kesehatannya sehingga bayi bukan sekedar gemuk saja.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *