Tips dan Trik

Ini Dia Cara Ampuh Memberikan Obat Bayi Agar Tidak Dimuntahkan Kembali

Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat terkena bermacam-macam penyakit, namun bayi pun sudah bisa terkena berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berskala serius atau membahayakan nyawa mereka. Hal tersebut dikarenakan sistem kekebalan tubuh mereka masih belum sebaik orang dewasa pada umumnya, hal itulah yang membuat mereka jauh lebih rentan terkena penyakit ketimbang manusia dewasa. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua atau yang lebih dewasa harus menjaga mereka dan merawatnya sebaik mungkin agar tidak terkena penyakit tersebut. Jika sudah terlanjur sakit, maka berilah obat bayi yang memang sudah disarankan dari dokter dan juga pastikan jika mereka dapat meminumnya dengan baik. Bayi dan juga balita pastinya masih kesusahan untuk mengonsumsi obat-obatan, oleh karena itu mereka sering memuntahkannya kembali dan alhasil akan mubadzir. Anda harus mengetahui beberapa cara terampuh ini agar mereka dapat meminum obat dengan lancar, yakni sebagai berikut:

Ini Dia Cara Ampuh Memberikan Obat Bayi Agar Tidak Dimuntahkan Kembali

  • Sedikit-Sedikit

Cara pertama yang bisa Anda coba langsung ketika memberikan obat untuk si kecil adalah dengan memberikannya sedikit demi sedikit ke dalam mulutnya. Jangan langsung memberikan semuanya karena kemungkinan akan dimuntahkan sangat besar, mengingat mereka masih sedikit kesulitan untuk menelan obat tersebut. Apa pun jenis obatnya, pastikan untuk memberikan sedikit demi sedikit saja agar mereka dapat menelannya dengan baik dan obat pun tidak akan terbuang sia-sia. 

  • Di Bawah Lidah

Anda bisa mencoba untuk memberikan obat bayi dengan menaruhnya dibagian bawah dari lidah si kecil. Hal ini bisa Anda gunakan jika sang bayi benar-benar rewel dan sulit untuk menelan obat tersebut. Hal ini pastinya akan membuat mereka jauh lebih mudah untuk menelannya dan tidak akan membuat mereka merasa ingin muntah sehingga obat tersebut mubadzir. Pastikan untuk melakukan cara ini hanya jika bayi benar-benar kesulitan untuk menelannya.

  • Posisi Kepala

Posisi dari si kecil meminum obat juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan agar mereka tidak memuntahkan obat yang dimakannya. Pastikan jika bayi berada dalam posisi yang benar, terutama kepalanya. Kepalanya harus lebih tinggi dari tubuh mereka, maka hal inilah yang akan membuatnya lebih mudah untuk menelan obat tersebut. Perlu diingat untuk tidak membiarkan si kecil minum obat dalam posisi tiduran atau berbaring karena hal ini dapat memicunya untuk muntah.

  • Tambah Air

Jika si kecil diberikan obat bayi berupa puyer atau pun sirup yang mungkin memiliki tekstur terlalu tebal, maka untuk membuatnya lebih mudah untuk ditelan adalah dengan menambahkan sedikit air pada obatnya. Tidak hanya jenis tersebut saja, nyatanya hal ini juga dapat Anda gunakan untuk berbagai jenis obat lainnya. Pastinya hal ini akan memudahkan mereka menelannya dan juga menghilangkan rasa pahit dari obat tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *