Perawatan Bayi

Ini Dia Cara Merawat Bayi Baru Lahir dengan Tepat yang Musti Diperhatikan

Pagi para pasangan muda, yang memang baru saja memiliki bayi untuk pertama kalinya, mungkin mereka akan merasakan kebingungan dan sikap terlalu was-was ketika harus melakukan perawatan pada bayi mereka. Mengingat kondisi tubuh dan kulit bayi yang baru lahir memang sangat sensitif, maka perawatan secara khusus memang harus dilakukan oleh para orang tua. Bagi Anda para orang tua yang memang baru saja memiliki bayi, berikut ini beberapa tips perawatan bayi baru lahir yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam merawat putra putri mungil Anda.

 Ini Dia Cara Merawat Bayi Baru Lahir dengan Tepat yang Musti Diperhatikan

Hal pertama yang harus diketahui oleh para orang tua dalam merawat bayi yang mereka miliki, terutama bagi seorang ibu adalah cara untuk memberikan ASI pada bayi mereka. Cara menyusui ataupun memberikan ASI dengan posisi yang tidak tepat, maka akan dimungkinkan dapat membuat bayi tersedak ataupun mengalami sesak nafas. Berikan asupan ASI secukupnya dan jangan berlebihan, konsultasikanlah kepada dokter ataupun bidan mengenai dosis pemberian ASI yang tepat dan dianjurkan bagi bayi Anda. Hindari untuk langsung membaringkan bayi, setelah diberikan ASI, posisikan kepala bayi lebih tinggi dari kaki dan jika dimungkinkan tepuklah dengan lembut bagian punggung bayi hingga bersendawa, dimana hal tersebut menandakan bahwa ASI telah masuk kedalam saluran cerna. 

Selain cara memberikan ASI, hal lain yang perlu Anda perhatikan dengan baik dalam melakukan perawatan terhadap bayi baru lahir, antara lain adalah:

  • Jagalah kehangatan tubuh bayi Anda, dengan memberikan balutan selimut halus pada tubuh bayi.
  • Jagalah kebersihan tubuh Anda, dan selalu cucilah tangan Anda sebelum menyentuh bayi, dimana hal ini bertujuan untuk menghindarkan bayi dari kuman yang mungkin menempel pada tangan Anda.
  • Sediakanlah pakaian, perlengkapan obat-obatan serta berbagai peralatan yang bersih, steril dan aman untuk bayi, agar nantinya dapat digunakan tanpa memberikan rasa khawatir pada diri Anda.

Merawat tali pusar bayi dengan tepat juga harus Anda lakukan, mengingat ketika Anda membawa pulang bayi dari rumah sakit ketika melahirkan, nantinya bidan ataupun dokter akan melakukan pengikatan pada tali pusar bayi tersebut. Ikatan tersebut nantinya terlepas dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya hari, jika Anda melakukan perawatan dengan baik. Hindari memberikan berbagai zat ataupun bedak pada bagian tali pusar bayi, karena hal tersebut justru akan memperburuk kondisi dari tali pusat bayi.

Selalu pantau dan perhatikan pertumbuhan serta perkembangan pada tubuh bayi, dan segera konsultasikan dengan dokter ataupun ahli kesehatan lainnya, apabila terjadi hal yang tidak wajar pada proses pertumbuhan bayi Anda. Berikanlah ASI eksklusif pada bayi baru lahir hingga mereka berusia 6 bulan, untuk lebih menjamin pembentukan zat anti body dalam tubuh mereka menjadi lebih baik. Jaga pula kondisi kesehatan Anda, karena Anda akan secara langsung berinteraksi dengan bayi tersebut.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *