Seputar Ibu Menyusui / Tips dan Trik

Ini Dia Tips Menyimpan ASI yang Benar

Mempunyai bayi adalah sebuah kebahagiaan tersendiri untuk Anda. Namun apabila Anda adalah wanita yang bekerja maka akan sedikit takut dalam hal waktu memberi susu kepada bayi Anda. Karena tentu saja bayi Anda akan tinggal di dalam rumah, pada saat ini hal ini tidak akan menjadi masalah lagi untuk Anda karena Anda dapat menyimpan ASI Anda yang dapat diminum oleh bayi Anda kapan saja. Namun tentu saja dalam hal menyimpan ASI ini tidak boleh sembarang saja. Ada beberapa tips menyimpan ASI yang harus Anda lakukan agar kualitas ASI tetap sama dan ASI tidak menjadi busuk. Karena apabila Anda salah dalam menyimpan ASI maka dampaknya akan buruk apabila ASI tersebut di minum oleh bayi Anda. Maka dari itu bagi Anda yang menjadi ibu yang bekerja atau yang tidak, Anda harus paham bagaimana cara menyimpan ASI yang benar.

Cara menyimpan ASI ada dua tempat, yaitu di dalam kulkas atau freezer serta di suhu ruang. Pada pembahasan pertama di mulai dengan cara menyimpan ASI pada freezer dulu. Dan tipsnya adalah:

  • Meletakkan dalam botol

Apabila Anda meletakkan ASI Anda di dalam freezer maka sebaiknya Anda meletakkan ASI Anda pada botol khusus ASI yang terbuat dari kaca. Botol ini akan dapat membuat kualitas ASI tetap sama.

  • Memberi tanda pada masing-masing botol

Selain itu jangan lupa untuk Anda menandai botol dengan tanggal Anda menyimpan ASI tersebut.

Tanda ini adalah untuk membuat Anda tahu ASI dalam botol tersebut sudah berapa hari. Dan tips menyimpan ASI lainnya apabila Anda meletakkan ASI di dalam freezer adalah dengan tidak menyimpan ASI lebih dari 2 minggu di freezer. Karena walaupun Anda letakkan pada freezer, namun ASI mempunyai batas kadaluarsa juga. Sehingga Anda tidak boleh menggunakan ASI yang lebih dari 2 minggu.

Baca Juga : 7 Cara Menidurkan Bayi

Dan tempat kedua untuk menyimpan ASI adalah di suhu ruang. Siapa yang bilang bahwa ASI hanya boleh di simpan di freezer. Anda juga dapat menyimpan ASI Anda pada suhu ruang. Namun sebaiknya Anda melakukan hal ini apabila Anda meletakkan ASI Anda pada suhu ruang, yakni:

  • Menyimpan pada tempat yang rapat.
  • Tidak menggunakan ASI pada suhu ruang yang lebih dari 10 jam.

Anda harus menyimpan ASI Anda pada tempat yang rapat. Hal ini untuk membuat ASI menjadi bebas dari kuman dan bakteri pada suhu ruang Anda. Selain itu tips menyimpan ASI pada suhu ruang lainnya adalah Anda tidak bisa menggunakan ASI yang lebih dari 10 jam pada suhu ruang karena kandungan serta kualitas dari ASI telah berubah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *