Perawatan Bayi / Seputar Bayi / Tips dan Trik

Ini Penyebab Bintik-bintik Merah pada Kulit Bayi

Menemukan bintik-bintik merah pada kulit bayi Anda? Bisa jadi itu adalah ruam kulit. Ruam adalah reaksi pada kondisi kulit tertentu. Ruam biasanya dialami pada kulit yang kering, mengelupas, alergi, dan efek dari penyakit tertentu. Ruam dapat dialami oleh semua umur termasuk bayi. Ruam pada bayi sering terjadi dan bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk disebabkan oleh bakteri, jamur, ataupun virus. Orangtua harus memperhatikan kulit bayi karena kulit bayi sangatlah sensitif. Ada tindakan khusus untuk mengatasi ruam pada kulit bayi yang sensitif. Ruam pada kulit bayi biasanya muncul akibat penggunaan popok bayi atau biasa disebut ruam popok. Kulit bayi yang sensitif mudah bereaksi pada bahan popok yang tidak cocok. Untuk mengatasi hal tersebut, orangtua dapat mengoleskan salep untuk ruam popok pada kulit bayi.

Ruam pada bayi juga memiliki jenis. Beberapa jenis ruam pada kulit bayi di antaranya, jerawat bayi, flu singapura, campak, rubella, cacar air, biang keringat, dan lain sebagainya. Berbeda-beda jenis ruam, berbeda juga penanganannya. Oleh karena itu, para orangtua harus tau terlebih dahulu penyebab berbagai ruam yang biasa muncul pada kulit bayi.

Berikut ini adalah penyebab ruam muncul pada kulit bayi. Selamat membaca!

  • Infeksi

Infection Control: Corrective Actions Much More Expensive ...

Ruam kulit yang muncul pada kulit bayi bisa disebabkan karena infeksi kulit bayi. Infeksi kulit dapat disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun jamur tertentu. Ruam yang disebabkan oleh infeksi dapat memerah dan bernanah. Sebaiknya konsultasikan kondisi tersebut kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Infeksi ini dapat disebabkan oleh pemakaian popok yang terlalu lama. Popok yang tertutup cendurung lembab dan hangat. Kondisi tersebut membuat bakteri ataupun jamu mudah tumbuh dan berkembang biak.

  • Alergi

Slideshow: Allergy Myths and Facts

Penyebab ruam kulit bayi yang satu ini sering terjadi. Tidak hanya pada kulit bayi, alergi yang menimbulkan ruam juga dapat disebabkan oleh alergi.  Namun tidak semua alergi dapat menimbukan ruam pada kulit.

Baca selengkapnya untuk mendapatkan rekomendasi salep yang cocok.

 

 

  • Kulit yang sensitif

Skin Picture Image on MedicineNet.com

Bayi memiliki kulit yang sensitif. Oleh karena itu, orangtua harus berhati-hati untuk memakaikan pakaian dan produk pada kulit bayi. Perhatikan jenis bahan dan reaksi kulit bayi. Jika menemukan ruam pada kulit bayi, segera hentikan pemakaian dan atasi ruam dengan salep.

  • Penggunaan Popok

clodi murah surabaya | grosir cloth diaper - clodi - popok ...

Tidak ada salahnya menggunakan popok bayi, namun popok bayi perlu digunakan dengan penggunaan yang tepat. Pakaikanlah popok bayi dengan tidak terlalu ketat. Popok yang terlalu ketat dapat menyebabkan bintik-bintik merah pada kulit bayi yang disebut ruam popok. Ruam pada kulit bayi dapat terjadi karena gesekan dan lecet akibat popok yang terlalu ketat.

  • Pengaruh Makanan

Street Food Japan - A Taste of Delicious Japanese Cuisine ...

Tidak hanya pengaruh dari luar tubuh, ruam juga dapat disebabkan dari dalam tubuh. Salah satu penyebabnya seperti pengaruh makanan baru. Jenis makanan baru berbentuk padat yang dikonsumsi bayi akan membuat tinja serta frekuensi buang air besar pada bayi akan berubah. Perubahan ini lah yang memicu ruam. Berilah salep pada ruam kulit. Jika ruam semakin parah, konsultasikanlah kondisi ini kepada dokter.

Itulah penyebab munculnya ruam pada kulit bayi. Untuk mengatasi ruam popok, Anda harus segera mengganti popok yang kotor sesering mungkin. Hindari juga penggunaan bedak yang dapat memicu iritasi kulit. Bedak juga dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru bayi Anda. Dan yang terpenting adalah biasakan merawat bayi Anda dengan kondisi yang higienis. Basuhlah tangan sebelum dan sesudah mengganti popok bayi anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *