Kesehatan / Seputar Ibu Menyusui

Inilah 10 Makanan untuk Ibu Menyusui yang Dianjurkan!

Sering meminum pelancar ASI karena takut ASI keluar tidak lancar? Baiknya memang harus didukung dengan adanya konsumsi dan pemberian gizi makanan yang cukup untuk moms nih. Karena jika masih menyusui, apalagi masih dalam rentang ASI eksklusif untuk bayi di bawah 6 bulan, apapun makanan yang ibu menyusui makan, akan ikut termakan juga oleh bayi yang menyusu.

Nah, apa sajakah makanan makanan yang harus moms konsumsi?

Beberapa makanan untuk ibu menyusui yang juga direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan ibu dan bayinya adalah:

  1. Gandum atau beras merah

Bila kita telisik lagi, bubur bayi juga ada yang terbuat dari sari beras meras, rasanya tentu lezat bukan? Tidak hanya baik untuk bayi saja, beras merah juga baik untuk ibu menyusui. Bila selama ini moms hanya sering mengonsumsi nasi saja, sebaiknya variasikan dengan beras merah atau gandum utuh, tidak hanya mengandung karbohidrat, namun juga akan kaya serat dan asam folat. Sehingga tak perlu lagi moms bingung dan khawatir akan percernaan bayi.

  1. Brokoli

Sayuran hijau seperti brokoli dipercaya sebagai salah satu sayuran hijau yang kaya akan manfaat. Memperbanyak mengonsumsi sayuran hijau juga akan membantu meningkatkan kadar Hb dalam darah sehingga moms juga tak terlalu lemas karena sibuk mengurus bayi.

  1. Bayam

Selain brokoli, sayuran hijau yang kaya manfaat dan mengandung zat besi tinggi adalah bayam. Dalam kandungan bayam juga mengandung asam folat, vitamin K, kalsium yang juga baik untuk tumbuh kembang bayi. Mengonsumsinya secara teratur, juga dapat bermanfaat untuk mencerdaskan otak bayi.

  1. Telur

Tidak hanya sayuran, kebutuhan gizi dari ibu menyusui juga didapatkan dari protein hewani, seperti telur. Telur sendiri mengandung vitamin D yang juga berperan penting dalam pembentukan tulang bayi. Telur juga mengandung DHA dan juga mengandung asam lemak esensial lebih tinggi, tentunya dengan adanya teknik dan juga pemberian pakan dan teknologi khusus dari peternakannya.

  1. Jeruk

Adalah buah buahan yang mengandung banyak vitamin C dengan dosis yang tinggi. Dengan vitamin C dosis tinggi, tentunya akan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sang ibu. Bila daya tahan ibu baik, daya tahan bayi pun akan baik.

  1. Ikan Salmon

Salah satu jenis ikan laut ini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan pada bayi. Ikan salmon sendiri sudah diperkaya akan DHA yang akan membantu mengembangkan sistem saraf bayi. Ini merupakan makanan penunjang untuk ibu menyusui. Jadi jangan sampai terlewat ya.

  1. Kacang Hijau

Masuk ke dalam kelompok serealia, kacang hijau juga menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Selain dipercaya melancarkan ASI, kacang hijau juga kaya akan manfaat vitamin B untuk mencegah penyakit beri beri.

  1. Buah Pepaya

Wow, inilah buah untuk segala macam usia dan dan paling aman. Aman dikonsumsi dari mulai anak anak MPASI hingga para orang lanjut usia. Pepaya sendiri memang dikenal dengan harganya yang murah dan banyak dijumpai. Namun jangan salah, harga murah bukan berarti murahan ya. Nyatanya, pepaya memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik, seperti adanya vitamin B, vitamin E, kandungan enzim papain, dan juga kalium yang bermanfaat bagi tubuh. Kalium sendiri juga dipercaya mampu menghindarkan ibu akan kelelahan yang menghampiri.

  1. Yogurt

Makanan olahan susu ini juga dianjurkan untuk ibu menyusui. Karena memang yogurt sudah banyak dikenal untuk memperlancar pencernaan manusia. Selain itu, yogurt juga berperan untuk memberikan kesehatan bagi tulang ibu dan bayi karena tinggi kalsium dan rendah lemak.

  1. Daging Sapi

Tentunya kebutuhan protein hewani jangan sampai terlewat. Daging sapi sendiri baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Daging sapi merah, memiliki zat besi yang mampu menghindari ibu menyusui dari anemia.

 

Demikian 10 jenis makanan untuk ibu menyusui yang dianjurkan. Jangan lupa untuk klik tautan di bawah ini untuk melihat jenis makanan pelancar ASI yah

https://review.bukalapak.com/mom/biar-asi-banyak-ini-5-makanan-pelancar-asi-yang-wajib-dikonsumsi-18790

 

Terima kasih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *