Tips dan Trik

Inilah 4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membersihkan Hidung Bayi

Menjaga kebersihan bayi menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatannya, termasuk kebersihan hidung bayi. Hidung adalah bagian dari sistem pernafasan yang di dalamnya terdapat bulu hidung dengan fungsi menyaring udara yang dihirup. Karakter ini membuat hidungnya dan juga orang dewasa mudah kotor yang tentunya perlu dibersihkan secara berkala. Meski begitu cara membersihkan hidung pada bayi tentu lebih hati-hati karena lebih sensitif dan jika keliru malah memicu masalah kesehatan. Namun jika tidak dibersihkan ternyata juga berdampak pada masalah kesehatan jadi mesti belajar membersihkannya dengan tepat.

 Inilah 4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membersihkan Hidung Bayi

Bagi ibu yang masih bingung membersihkan hidung buah hatinya maka tak perlu risau silahkan intip penjelasan berikut:  

  • Baiknya menggunakan cotton bud,

Membersihkan hidung si kecil yang sudah kotor baiknya tidak memakai tangan kosong sebab sangat berbahaya. Memang sudah bersih dari kuman jika diawali dengan mencuci tangan namun kuku pada jari tangan bisa menggores hidung si kecil dan menimbulkan luka. Disarankan memakai cotton bud dan itupun yang berukuran kecil khusus bayi supaya bisa lebih mudah ketika membersihkan hidung tanpa resiko melukainya.

  • Bersihkan hanya pada kotoran yang terlihat saja,

Saat membersihkan hidung bayi tidak menutup kemungkinan Anda atau ibu manapun merasa gerah untuk tidak membersihkan sampai dalam. Apalagi saat si kecil pilek maka hidungnya akan lebih kotor dari hari biasanya. Namun untuk keamanan si kecil sebaiknya tidak mengorek hidungnya sampai ke bagian terdalam, cukup yang nampak saja. Lebih aman jika hanya membersihkan bagian luarnya sebab jika terlalu dalam nantinya bisa merusak bagian-bagian sensitif pada hidung.

  • Jika memakai kain baiknya dibasahi dulu,

Selain memakai cotton bud ibu juga bisa mengandalkan kain handuk, sapu tangan, atau bahkan kertas tissue. Hanya saja untuk penggunaan benda-benda ini sebaiknya dibasahi dulu dengan air hangat sehingga nanti tinggal dilap ke hidung si kecil. Tidak seperti cotton bud yang bisa dipakai mengorek kotoran di bagian luar hidung buah hati Anda. Kain lembut ini tidak mungkin dimasukkan ke lubang hidung, jadi cukup dipakai mengelap hidung luar bayi Anda. Asalkan lembab maka kotoran di hidung akan menempel pada kain tersebut.

  • Lakukan secara teratur,

Menjaga kebersihan hidup buah hati baiknya dilakukan secara teratur jadi jangan menunggu kotorannya menumpuk banyak. Sebab kotoran ini cenderung menempel sehingga perlu dibersihkan secara manual. Berbeda dengan kotoran pada telinga yang biasanya akan keluar dengan sendirinya, sehingga perlu dibedakan. Membersihkannya pun baiknya dilakukan per 2-3 hari sekali jangan menunggu seminggu sekali karena akan menumpuk terlalu banyak. Jika hidung bayi dipenuhi kotoran maka akan mengganggu sistem pernafasannya, Anda tentu tidak mau melihatnya rewel bukan?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *