Perlengkapan Anak

Inilah 4 Perawatan Alami untuk Menjaga BAB Bayi Tetap Lancar

Apabila siklus BAB bayi Anda terbilang teratur maka Anda patut lega karenanya sebab menjadi bukti jika bayi Anda dalam kondisi sehat. Proses BAB memang baiknya terjadi secara teratur yakni sekali setiap harinya dan bisa pula 2-3 hari sekali. Namun akan lebih baik jika BAB ini dialami bayi sekali per hari untuk menunjukan jika sistem pencernaannya dalam kondisi normal dan baik-baik saja. Proses BAB bertujuan untuk membuang sampah di dalam tubuh yang berasal dari makanan yang sudah diserap nutrisinya oleh tubuh.

Perawatan Alami Agar BAB Si Kecil Lancar

Sayangnya karena beberapa sebab seperti pemberian makanan padat, bayi dehidrasi, sampai alergi susu formula membuat bayi susah BAB. Agar bisa lancar kembali bisa melakukan beberapa metode pengobatan alami berikut ini:

Memberikan madu dicampur air hangat,

Madu bercampur dengan air hangat merupakan pencahar alami sehingga bisa membantu melancarkan BAB pada bayi Anda. Rutin memberikan larutan madu ini juga baik sehingga pencernaan si kecil sehat dan BAB menjadi lebih lancar. Supaya mudah silahkan memasukan madu dengan air hangat ini ke dalam dot susu, sehingga bisa diminum habis oleh buah hati Anda.

Melakukan pijatan di area perut,

Rutin memijat perut bayi dengan gerakan memutar ataupun turun ke bawah menggunakan minyak hangat, baik minyak telon maupun minyak kelapa. Ternyata juga membantu melancarkan BAB bayi secara alami dan tidak ada salahnya dilakukan setiap hari atau 2-3x dalam seminggu. Pemijatan ini akan membantu menurunkan feces si kecil sehingga mudah keluar, dan efektif pula melancarkan buang air kecilnya. Usahakan jangan ditekan terlalu keras agar tidak terjadi masalah pada kesehatan si kecil.

Menggerakkan kedua kaki si kecil,

Perut kembung membuat pencernaan si kecil mengalami masalah dan BAB menjadi tidak lancar. Agar usus besar bisa terangsang untuk mengeluarkan gas berlebih di dalamnya Anda bisa menggerakkan kaki si kecil. Caranya tidurkan si kecil di kasur kemudian pegang kedua lutut si kecil dan gerakan pelan seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini dapat membantu mengatasi sekaligus mencegah sembelit, dan dijamin aman asalkan kakinya digerakkan pelan-pelan.

Memandikan si kecil dengan air hangat,

Memandikan buah hati dengan air hangat di dalam ember ternyata selain membuatnya lebih tenang juga membantu melancarkan BAB. Anda bisa merendam si kecil sebentar ke dalam air hangat untuk membantu merangsang usus besar mendorong kotoran ke area anus. Nantinya si kecil tidak akan lagi bermasalah dengan sembelit dan perutnya pun bebas kembung karena gas berlebih di dalam perutnya. Namun jangan terlalu lama memandikan si kecil dengan air hangat agar tak masuk angin sekaligus BAB bayi Anda lebih lancar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *