Tips dan Trik

Inilah 4 Perawatan Sederhana untuk Meredakan Kolik Bayi

Bayi menangis bisa disebabkan oleh banyak hal dari sekedar merasa lapar sampai mengalami kolik bayi yakni gangguan rasa nyeri di bagian perut. Kolik sendiri sudah umum terjadi pada bayi dan umumnya pada bayi di usia 2 minggu sampai empat bulan. Kolik terjadi karena adanya penumpukan gas berlebih di perut bayi sehingga menimbulkan rasa nyeri sehingga membuatnya rewel dan menangis lebih lama. Meski lumrah terjadi pada bayi namun orangtua khususnya ibu perlu memberi penanganan yang tepat agar si kecil ceria kembali.

 Inilah 4 Perawatan Sederhana untuk Meredakan Kolik Bayi

Mengatasi kolik ternyata tak selalu susah dan membutuhkan bantuan dokter, Anda bisa melakukan beberapa perawatan sederhana ini:

  • Memandikan dengan air hangat,

Kolik yang dialami bayi tentu membuatnya tidak nyaman dan ibu mesti memberi perawatan dengan sabar dan telaten. Salah satunya dengan selalu memakai air hangat untuk memandikan si kecil sebab bisa membantu melancarkan peredaran darah. Sensasi air hangat yang menyentuh kulit juga bisa memberi rasa nyaman sehingga mengurangi keluhan saat kolik menyerang. Apabila si kecil sudah membaik dan bahkan sudah bisa kentut atau pop maka bisa dimandikan dengan air suhu ruang.

  • Memberikan minyak hangat di perut bayi,

Membuat perut bayi lebih hangat bisa membantu meredakan dan juga menyembuhkan kolik bayi. Anda bisa memasukan air hangat ke dalam tumbler kemudian ditempelkan di perut bayi dan dipindah posisi setiap beberapa detik sekali. Cara lainnya adalah mengoleskan minyak yang memberi sensasi hangat misalnya minyak telon ataupun minyak kayu putih. Sensasi hangat ini bisa membantu gas berlebih di dalam perut untuk segera keluar sekaligus memberikan rasa nyaman pada bayi.

  • Memberi probiotik,

Asupan probiotik terbukti efektif meredakan nyeri yang diakibatkan oleh kolik sehingga bisa diberikan pada bayi. Kondisi ini terjadi karena ketika kolik menyerang maka di sistem pencernaan bayi memiliki mikroflora lebih banyak dari yang seharusnya. Konsumsi probiotik bisa membantu menurunkan kadar mikroflora tersebut sehingga bisa merasa nyaman kembali. Pemberian probiotik ini baiknya tidak sembarangan dan bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter. Anda pun bisa memilih cara alami yakni memberi madu yang sudah dicampur dengan air hangat.

  • Menghindari makanan penyebab kolik,

Kolik sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal dan paling sering karena ibu memberikan asupan makanan bayi yang merangsang pembentukan gas. Apabila bayi ibu masih mengkonsumsi ASI tanpa makanan semi padat baiknya berikan makanan pendamping yang tidak memakai bahan susu. Hindari pula pemberian makanan yang bisa memicu produksi gas berlebih di dalam perut seperti jenis kacang-kacangan, kol, bawang, dan juga brokoli. Kenali makanan apa saja yang menyebabkan kolik bayi untuk kemudian dihindari sebagai pencegahan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *