Tips dan Trik

Inilah Alasannya Kenapa Bayi Disunat Ketika Baru Saja Lahir

Dahulu banyak sekali orang yang mengira bahwa tradisi sunat pada anak laki-laki itu mempunyai hubungan erat dengan agama islam. Ya, meskipun memang ada benarnya dalam kitab dijelaskan mengenai hal tersebut. Tetapi pada dasarnya itu juga bersumber dari kepentingan medis untuk menjaga kesehatan si kecil. Bahkan ada yang menyarankan untuk bayi disunat sejak baru saja lahir karena satu dua hal yang penting. Hal ini semakin menyakinkan bahwa kebiasaan tersebut bukan hanya menyangkut masalah agama tetapi juga beberapa hal lainnya seperti medis.

 Inilah Alasannya Kenapa Bayi Disunat Ketika Baru Saja Lahir

Beberapa waktu yang lalu ada organisasi kumpulan dokter anak dari luar negeri yang memberikan pernyataan mengenai dukungan terhadap sunat yang dilakukan oleh anak. Secara medis memang tidak wajib seorang bayi yang baru saja lahir harus di sunat, tetapi setelah melihat banyak manfaatnya memang lebih disarankan untuk dilakukan. Sebelumnya, berikut ini ada beberapa alasan yang semakin memperkuat alasan sunat dari kecil yaitu:

  1. Tidak banyak yang mengetahui bahwa dilakukannya sunat ternyata dapat membantu meminimalisir kemungkinan masalah pada penyakit kelamin, dari mulai penyakit ringan sampai dengan jenis penyakit yang sangat fatal misalnya saja kanker penis atau kemih.
  2. Alasan lainnya adalah terdapat gangguan yang terjadi pada bagian penis bayi dan bisa disembuhkan hanya dengan melakukan sunat. Misalnya saja untuk jenis penyakit fimosis yang dimana kulit kulup pada penis ditarik ke belakang supaya membuka bagian kepala. Jika itu tidak dilakukan bisa menyebabkan masalah tersumbatnya urine dan menjadikan infeksi saluran kemih.
  3. Bayi disunat yang dilakukan sedari kecil ternyata dapat juga mencegah adanya infeksi jamur akibat kotoran yang menempel pada bagian kulup penis. Dengan melakukan sunat tentunya penis akan lebih mudah untuk dilakukan pembersihan secara aman dan nyaman. Terlebih lagi kebersihan yang terjaga baik akan membuat bayi lebih higienis dan tidak mudah terserang penyakit khususnya daerah kelamin

Nah itulah beberapa hal yang menjadi alasan orang tua untuk merelakan anak bayi mereka langsung di sunat meskipun belum waktunya. Untuk lebih meyakinkan diri sendiri, Anda sebagai orang tua bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak yang lebih ahli. Jika manfaat lebih banyak didapatkan, kenapa harus menunda waktu besar untuk melakukan sunat yang pada dasarnya bukanlah hal yang begitu wajib pada bayi.

Demikian ulasan mengenai pentingnya sunat untuk bayi yang baru saja lahir, meskipun memang bukan keharusan. Pada dasarnya akan dilakukan ketika anak masih kecil ataupun sudah besar itu kembali lagi pada faktor kesehatan anak dan kesiapan orang tua. Jika memang tidak ada gangguan kesehatan mungkin bayi disunat sejak lahir tidak wajib dilakukan tetapi hal itu akan menjadi wajib ketika ada gangguan kesehatan yang beresiko besar.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *