Tips dan Trik

Inilah Beberapa Jenis Pompa ASI dan Cara Perawatannya yang Perlu Anda Pahami

Wanita yang baru saja melahirkan pasti akan melaksanakan tugas selanjutnya yaitu menyusui buah hatinya secara langsung. Ini sudah menjadi kewajiban karena memang kodrat sebagai perempuan, bahkan tidak sedikit dari mereka membutuhkan pompa ASI sebagai alat pengumpul susu cadangan. Ya, bayi tidak bisa menghabiskan susu dalam sekali waktu. Supaya tidak ada susu yang terbuang makanya menggunakan pompa sebagai penyimpan cadangan. Setelah itu saat ibu tidak ada atau ASI belum tersedia bisa menggunakan cadangan untuk tetap memberikan nutrisi terbaik kepada bayi.

 Inilah Beberapa Jenis Pompa ASI dan Cara Perawatannya yang Perlu Anda Pahami

Saat ini memang perlengkapan bayi sangat komplek sekali, Anda bisa menggunakan segala bentuk alat untuk memudahkan dalam merawat buah hati. Seperti contohnya breast pump yang kini sudah tersedia dalam berbagai jenis atau macamnya. Sebelum Anda mencari atau membeli ada baiknya pahami terlebih dahulu jenis yang ditawarkan dipasaran. Namun sebelum Anda mengetahui jenisnya pahami terlebih dahulu manfaat pompa bagi wanita yang menyusui yaitu:

  • Meningkatkan produksi ASI.

Tidak banyak ibu bayi yang paham jika memompa ASI itu bisa merangsang produksi ASI yang lebih banyak lagi. Secara otomatis Anda sebagai ibu pasti akan lebih mudah lagi saat bayi menginginkan susu secara langsung.

  • Ibu dengan kesibukan.

Tidak semua ibu dapat menemani anaknya dari lahir sampai dengan dewasa secara terus menerus, misalnya saja harus meninggalkan untuk kerja ataupun yang lainnya. Secara otomatis penggunaan pompa ASI sangat diperlukan untuk memberikan cadangan susu untuk buah hati.

  • Memberikan ibu waktu istirahat.

Sebagai ibu yang tidak hanya disibukkan dengan mengurus bayi saja secara otomatis rasa capek juga lebih banyak. Nah, untuk menanggulangi rasa itu yang berlebihan dengan memberikan cadangan susu. Jadi ibu tidak harus selalu memberikan ASI secara langsung saat dirumah ataupun saat berpergian.

Itulah ketiga hal yang didapatkan dengan memiliki alat pemompa ASI yang sekarang ini sedang booming dipasaran. Sebelum Anda membeli dipasaran lebih baik pahami terlebih dahulu beberapa jenis yang dapat Anda beli yaitu:

  • Pompa manual.

Ini merupakan jenis pompa yang sangat umum digunakan, tetapi untuk ibu yang menggunakan jenis ini akan lebih kesulitan lagi karena harus menggunakan secara manual.

  • Pompa baterai.

Lalu jenis kedua ini menggunakan tenaga baterai untuk dapat menghasilkan perasan ASI dari payudara ibu.

  • Pompa listrik.

Lebih modern lagi saat Anda memilih menggunakan pompa dari listrik, jadi tidak perlu lagi capek-capek memeras.

Diatas adalah beberapa jenis pompa yang sering digunakan oleh masyarakat atau para orang tua baru untuk bisa menghasilkan air susu sesuai dengan keinginan. Setiap jenis pompa ASI diatas tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, Anda bisa memilih sendiri mana yang paling tepat dan paling sesuai dengan keinginan, kepraktisan dan lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *