Tips dan Trik

Inilah Beberapa Jenis Tangisan Bayi yang Perlu Orang Tua Pahami dengan Baik

Menjadi orang tua baru itu memang gampang-gampang susah, gampang disaat anak bisa selalu senang, tenang dan tidak rewel. Tetapi akan susah ketika melihat anak memperdengarkan tangisnya yang tidak ada ujung. Pada dasarnya tangisan bayi itu sangat wajar saja, karena anak yang baru lahir hanya bisa menangis ketika menginginkan sesuatu atau merasa tidak nyaman. Namun, terkadang sebagai orang tua juga susah melihat anak yang menangis terus menerus.

 Inilah Beberapa Jenis Tangisan Bayi yang Perlu Orang Tua Pahami dengan Baik

Untuk menenangkan bayi yang sedang rewel pada dasarnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu untuk mengetahui apa penyebab utamanya. Makanya pada artikel kali ini akan dibahas apa saja jenis tangisan pada bayi yang perlu Anda pahami sebagai orang tua yaitu:

  • Bayi kelaparan.

Ini menjadi penyebab paling umum terjadinya tangisan pada buah hati Anda, baik itu pada pagi, siang ataupun malam hari. Sebagai orang tua terkadang kepekaan untuk memberi makan sebelum anak rewel itu masih kurang, makanya untuk memberi tanda kepada orang tua dengan cara menangis tersebut. Tangisan satu ini akan segera berhenti ketika anak sudah menemukan ASI dari ibunya.

  • Bayi tidak nyaman.

Jenis tangisan yang kedua diperdengarkan oleh buah hati Anda ketika mereka merasakan ketidaknyamanan. Ini bisa karena pampers yang tidak diganti, popok basah, baju yang kotor ataupun keringat yang membuatnya gerah. Makanya ketika tangisan bayi keluar, Anda bisa langsung periksa apa saja yang mungkin membuatnya rewel.

  • Bayi kelelahan.

Sama seperti orang dewasa, sebagai seorang bayi rupanya bisa juga mengalami kelelahan ketika beraktivitas. Nah, jika merasakan hal itu secara otomatis buah hati Anda akan rewel dan tidak berhenti-henti. Untuk menanganinya bisa melakukan perawatan seperti pijat ringan, spa baby ataupun yang lainnya.

  • Bayi kesakitan.

Rasa sakit yang dirasakan oleh seorang bayi tidak bisa diutarakan dengan cara berbicara. Nah, hal itulah yang sering membuat bayi rewel atau menangis tanpa henti setiap harinya. Coba bunda periksa apa yang membuatnya sakit seperti tangan, kaki ataupun bagian tubuh lainnya yang terjepit dan lainnya.

  • Bayi kurang sehat.

Tidak sedikit orang tua yang telah memahami ketika melihat buah hatinya rewel tidak seperti biasanya. Ya, bayi yang kurang sehat akan merasakan ketidaknyamanan serta tubuh yang tidak bisa diutarakan. Itulah mengapa selalu perhatikan, periksa dengan baik apa saja yang menjadikan anak Anda sakit. 

Setiap anak mempunyai jenis tangisan yang berbeda-beda, tetapi diatas adalah jenis yang paling umum sekali dilakukan oleh para bayi. Tidak ada salahnya untuk menjadi orang tua yang tanggap dan sigap, Anda mengenal jenis tangisan bayi seperti apa. Dengan begitu tindakan yang tepat bisa segera dilakukan untuk menenangkan buah hatinya. Semoga sedikit informasi diatas bisa memberikan tambahan wawasan kepada para orang tua baru.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *