Tips dan Trik

Inilah Beberapa Kemungkinan Gangguan Kesehatan yang Dapat Menyerang Bayi Prematur

Ketika bayi yang lahir sebelum waktunya atau sering disebut prematur pasti mempunyai perkembangan yang berbeda dengan bayi normal, bisa dikatakan belum matang. Meskipun tidak sedikit bayi prematur yang dapat bertahan sampai dengan dewasa tetapi tidak jarang juga yang mengalami masalah atau gangguan kesehatan. Ada ahli yang mengatakan kondisi bayi yang demikian bisa dikatakan merupakan masalah yang cukup besar. Jadi sebelum memasuki usia 37 minggu bayi sudah keluar ke dunia dengan sendirinya.

 Inilah Beberapa Kemungkinan Gangguan Kesehatan yang Dapat Menyerang Bayi Prematur

Sebagai orang tua tentunya tidak ingin mempunyai buah hati dengan kondisi yang kurang sempurna seperti lahir prematur. Banyak kekhawatiran ketika melahirkan bayi yang belum masuk waktunya secara perhitungan tepat. Beberapa gangguan dapat menyerang kesehatan pada si kecil tersebut, antara lain:

  • Gangguan penglihatan.

Ini merupakan kondisi yang sangat mempengaruhi perkembangan pembuluh darah yang ada pada bagian retina. ROP atau retinapotai prematuritas umumnya terjadi pada bayi yang lahir sebelum waktunya, terutama pada mereka yang hanya berada dalam kandungan selama 31 minggu atau dengan berat dibawah 1,3 gram. Dokter menyarankan jika memang bayi tersebut dapat bertahan hidup perlu menggunakan kacamata.

  • Gangguan pernafasan.

Masalah yang kedua terjadi pada bagian paru-paru yang sangat riskan sekali terjadi pada mereka yang lahir secara premature. Paru-paru yang masih lemah atau belum siap untuk melakukan proses pernafasan sendiri akan sangat kesulitan sekali. Tidak heran jika memang bayi prematur sering mengalami masalah pada gangguan pernafasan mereka secara umum.

  • Pencernaan terganggu.

Sama dengan bagian tubuh lainnya, sistem pencernaan yang ada pada bayi dengan usia yang belum siap akan mengalami gangguan. Ini akan terjadi ketika bayi diberi makanan sering sekali mengalami muntah ataupun yang lainnya. Jika ini tidak ditangani dengan baik pasti akan menjadikan masalah besar pada usus bahkan kematian.

  • Infeksi.

Kekebalan tubuh pada bayi yang usianya belum siap ke dunia pasti lebih sedikit dari pada normalnya. Nah, secara otomatis lebih mudahnya bayi mengalami masalah seperti infeksi memang lebih sering. Apalagi jika hal itu didorong dengan komunikasi orang dewasa yang sedang bermasalah seperti demam ataupun yang lainnya.

  • Pendarahan otak.

Resiko yang dapat terjadi pada bayi dengan usia yang kurang dari 31 minggu selanjutnya adalah pendarahan pada otak. Untuk jenis pendarahan sendiri bisa mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat sekalipun. 

Nah, itulah beberapa kemungkinan yang dapat terjadi pada anak lahir kurang dari usia secara normalnya. Pada dasarnya bayi prematur sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja kesehatan dari ibu atau orang tua. Makanya ada baiknya selama masa kehamilan Anda harus terus melakukan tes kesehatan dan menjaga dengan baik. Jangan sampai buah hati Anda lahir dengan masalah dari hasil kecerobohan Anda selama hamil.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *