Tips dan Trik

Inilah Cara Pilih Sepatu Bayi yang Pas Bagi Si Kecil

Setiap orang tua pastilah merasakan kebahagiaan jika memiliki bayi yang sehat. Namun agar bayi bisa tumbuh dengan sehat ini tentunya harus diberikan perhatian lebih dari segala segi. Pada dasarnya tumbuh kembang bayi ini tak melulu harus dari segi makanan saja, namun dari segi pakaian dan lain sebagainya. Salah satu bagian yang kerap terlupakan adalah sepatu bayi dimana mampu memberikan pengaruh juga pada pertumbuhan di kaki si kecil. Kini sudah banyak sekali tersedia sepatu anak yang unik dan menarik, namun bukan berarti jika sepatu tersebut pasti terbaik bagi si kecil.

Mungkin Anda mengira jika sepatu untuk bayi hanya berfungsi sebagai pelindung kaki saja. Namun ternyata di balik itu, masih banyak sekali manfaat dari sepatu, diantaranya

  • Sepatu bisa membantu untuk menyangga berat di tubuh bayi sehingga titik tumpu ada di posisi yang tepat. Posisi seperti ini yang akan mampu membentuk gaya berjalan si kecil dengan benar.
  • Sepatu pun mampu membantu mengoreksi serta memperbaiki kelainan pada proses tumbuh kembang di kaki bayi.
  • Membantu juga dalam membentuk struktur pada kaki bayi secara normal dan benar.
  • Sepatu pun mampu membantu menunjang proses pembelajaran berjalan di bayi sesuai tahap pertumbuhan perkembangannya.
  • Sepatu juga bisa menjaga pertumbuhan bayi hingga mengarahkan ke rotasi tulang tungkai pada arah benar.

Di era yang sudah modern seperti saat ini, sudah tersedia banyak sekali sepatu untuk anak. Sepatu pun tak melulu dipakai bagi anak yang telah mampu berjalan saja, namun untuk anak yang belum mulai berjalan juga. Namun untuk rekomendasi Anda, pemakaian sepatu untuk bayi ini seharusnya mulai dari usia sekitar 1,5 tahun. Untuk bisa mengetahui yang tepat, maka ada baiknya jika Anda tahu tentang jenis sepatu bayi, diantaranya:

  • Jika bayi Anda sedang belajar merangkak, maka sepatu berpunggung tebal dan tak bertali akan baik untuk melindungi kaki saat menyentuh lantai jika dia sedang merangkak.
  • Jika bayi Anda sedang belajar merambat, maka sepatu berpinggir luar kokoh baik untuknya.
  • Jika bayi Anda sedang belajar berjalan, maka penggunaan sepatu bertumit kuat dan kokoh bisa menjadikan tumit bayi merasa nyaman.

Jika kini Anda sedang mencari sepatu bagi si kecil, maka berikut ini beberapa trik cerdasnya:

  • Pilih sepatu kokoh agar mampu menunjang kaki si kecil. Tapi perlu diketahui juga jika kokoh bukan selalu harus berat bobotnya.
  • Sepatu bermodel tertutup yang lebih direkomendasikan karena mampu membentuk kaki bayi dengan normal.
  • Pilih sepatu berbahan lentur dan fleksibel agar mampu berubah dengan mengikuti gerakan kaki bayi.

Sepatu bayi lebih baik ujungnya lonjong dan tidak runcing dengan sol kuat dan lebar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *