Kesehatan / Tips dan Trik

Inilah Manfaat dan Kegunaan Aloe Vera yang Masih Tersembunyi!

Aloe vera yang merupakan bahasa latin dari tanaman lidah buaya. Aloe Vera memiliki banyak manfaat. Bentuknya yang bergerigi seperti bentuk pada lidah buaya asli, mampu mempercantik teras rumah Anda. Tumbuhan ini juga baik dan banyak dibudidayakan karena memiliki banyak manfaat. Manfaat lidah buaya di antaranya juga sebagai sumber pembentukan oksigen bila ditanam di sekitar rumah, dapat dibuat pula menjadi minuman kesehatan, hingga mampu mempercantik kulit. Manfaat lidah buaya untuk kulit juga nantinya akan kami sampaikan pada artikel berikut ini.

Di Indonesia, aloe vera sendiri dapat tumbuh dengan subur karena memang wilayahnya yang tropis. Aloe vera memiliki 200 kandungan bahan aktif yang terdiri dari mineral, asam amino, enzim, dan juga vitamin yang membuat tanaman ini banyak dipakai sebagai bahan baku produk kecantikan, obat obatan, hingga cairan pencuci piring.

Kegunaan aloe vera selain bagi kesehatan kulit dan wajah, bermanfaat juga untuk kesehatan yang merawat dari dalam tubuh. Yang artinya, aloe vera ini dapat dikonsumsi dengan cara pengolahan yang tepat. Langsung aja deh kita simak kegunaan dan manfaat dari lidah buaya.

  1. Lidah Buaya Dapat Dikonsumsi

Tiba tiba makin penasaran kan apa iya sih lidah buaya ini bisa dimakan? Dan bagaimana cara mengolahnya? Begini tips singkat membuat minuman lidah buaya!

Lidah buaya dapat dikonsumsi, bisa dibuat sebagai minuman, ataupun sebagai manisan. Caranya:

  • Carilah lidah buaya yang berukuran besar, agar dagingnya lebih banyak.
  • Lalu kupas bagian kulitnya, hingga terlihat daging yang berwarna bening.
  • Cuci dengan air bersih, lalu rendam dahulu dengan air sisa cucian beras. Air cucian beras ini berfungsi untuk menghilangkan getah pada daging tanaman lidah buaya.
  • Cuci bersih kembali dengan air.
  • Masaklah lidah buaya tadi hingga matang, namun jangan sampai terlalu lembek. Tiriskan dan potong kecil kecil.
  • Buat air gulanya, lalu masukkan potongan lidah buaya tadi secukupnya.
  • Minuman lidah buaya siap dikonsumsi.

 

  1. Dapat Melembutkan Kulit Tangan

Lidah buaya juga sering digunakan dalam dunia industri loh. Contohnya sebagai bahan pembuatan cairan pencuci piring, supaya tangan Anda yang berharga tak menjadi kering setelah sering mencuci piring. Lidah buaya juga banyak hadir pada kosmetik, yang bisa digunakan sebagai lotion maupun cream. Tak hanya pada produk kecantikan yang ditemui mengandung ekstrak lidah buaya, namun terdapat pada krim bayi juga, seperti : https://review.bukalapak.com/mom/ini-dia-5-manfaat-lidah-buaya-untuk-kulit-bayi-mau-coba-46479

Kandungan antioksidannya mampu mengikat sel kulit untuk dapat melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit.

  1. Dapat Mengobati Luka

Memang serba guna sekali jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah Anda. Karena aloe vera juga dapat mengobati luka, cocok sekali digunakan sebagai pertolongan pertama. Adanya kandungan polisakarida mampu mencegah infeksi pada luka dan mampu membantu penyembuhan pada luka dengan lebih cepat. Apalagi pada luka bakar (ringan), karena lidah buaya bersifat dingin.

  1. Dapat Membantu Menyehatkan Rambut

Sering dengar jika shampoo maupun kondisioner lebih dikenal dengan kandungan lidah buayanya? Ya memang benar. Kegunaan aloe vera untuk rambut adalah mampu menjaga kesehatan rambut karena memiliki zat anti mikroba yang dapat mengatasi infeksi di kulit kepala dan juga dapat mencegah kerontokan pada rambut. Vitamin dan mineral yang terkandung sangat baik untuk kesehatan rambut.

  1. Dapat Mengatasi Jerawat

Anda memiliki masalah dengan timbulnya jerawat? Cobalah untuk menggunakan aloe vera dalam proses penyembuhannya. Cukup gunakan gel yang ada pada jerawat yang sedang meradang. Kandungan asam salisilat alami pada aloe vera juga dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Menarik bukan?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *