Tips dan Trik

Inilah Mitos Tentang Ciri Hamil Bayi Perempuan dan Fakta yang Ada di Baliknya

Kehamilan menjadi momen yang mendebarkan bagi setiap wanita. Namun tak hanya itu saja, di balik kehamilan biasanya banyak sekali mitos yang menyeruak di masyarakat. Hal ini lantaran kehamilan adalah suatu hal yang berharga sehingga memang banyak kepercayaan yang muncul. Salah satu mitos yang kerap ada adalah tentang kehamilan bayi perempuan. Mitos memang sebetulnya tidak berbahaya pada kehamilan, namun jika mempercayai terlalu dalam maka bisa menjadikan Ibu hamil terlalu fokus akan hal tersebut sehingga banyak berharap lebih.

Salah satu mitosnya adalah terkait jika Ibu hamil sedang mengandung anak perempuan. Untuk bisa mengetahuinya, maka diberikan juga fakta akan hal ini sehingga Anda bisa lebih berfikir logis sesuai dengan ilmu kedokteran diantaranya:

  • Detak jantung

Secara umum, detak jantung pada bayi berkisar 110 sampai 160. Tetapi banyak mitos yang mengatakan jika detak jantung pada bayi adalah lebih cepat dari 140 maka kehamilan tersebut adalah anak perempuan. Padahal berdasar penelitian yang ada sebetulnya tidak ada perbedaan antara baik detak jantung untuk anak laki-laki dan juga perempuan ketika dalam perut. Tetapi ada penelitian yang menyatakan jika detak jantung pada bayi perempuan memang lebih cepat, tetapi hal ini hanya terjadi sebelum persalinan saja.

  • Bentuk perut

Apabila perut Ibu hamil terlihat melebar ke tengah atau tinggi, maka mitos menyatakan bahwa Anda sedang hamil anak perempuan. Tetapi pernyataan yang satu ini betul-0betul mitos karena jenis kelamin pada anak yang dikandung tidak akan mempengaruhi dari segi otot perut. Bentuk perut pada Ibu hamil memang bervariasi sesuai bentuk tubuh pada diri masing-masing wanita.

  • Muntah

Sering muntah ketika pagi hari juga diklaim merupakan pertanda bahwa Anda sedang hamil anak perempuan. Dari segi penelitian, mitos ini mungkin ada benarnya juga karena wanita yang kerap muntah di pagi hari secara parah lebih mungkin sedang hamil anak perempuan. Hal ini adalah akibat dari hormon HCG yaitu hormon yang bisa memicu morning sickness ini.

  • Ngidam makanan asam

Selanjutnya adalah kondisi ngidam yang kerap dialami oleh Ibu hamil untuk makan makanan asam maka hal ini mengindikasikan sang Ibu hamil sedang hamil anak perempuan. Apabila dari segi medis, maka ngidam ini bisa terjadi lantaran perubahan pada hormon yang mampu mempengaruhi dari segi indra penciuman sehingga bukan alasan jenis kelamin anak.

Itulah beberapa mitos yang tersebar di masyarakat terkait kehamilan bayi perempuan. Mitos tersebut ternyata kebanyakan tidak benar adanya karena sudah ada penelitian dan ilmu kedokteran yang lebih mampu membuktikan. Jadi, tidak perlu terpaku pada mitos dan jika ingin mengetahui jenis kelamin anak maka cukup lakukan USG.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *