Tips dan Trik

Inilah Tahapan Pemberian Makanan Sesuai Perkembangan Usia Bayi

Semakin bertambahnya usia bayi maka semakin banyak kemampuan yang akan berkembang, artinya semakin kompleks kebutuhan nutrisi yang mesti dipenuhi. Berbicara mengenai nutrisi memang bukan hal mudah apalagi si kecil memerlukan nutrisi yang lebih banyak dari orang dewasa. Hanya saja kapasitas sistem pencernaannya masih terbatas, maka orangtua mesti pintar dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut agar tumbuh kembang bayi lebih maksimal. Rupanya untuk memberi nutrisi yang ideal dibutuhkan makanan dengan tekstur yang pas agar mudah dicerna.

 Inilah Tahapan Pemberian Makanan Sesuai Perkembangan Usia Bayi

Kenali tahapan usia pada bayi yang sudah ideal diperkenalkan makanan bertekstur dan memang dimulai setelah memasuki usia enam bulan. Supaya tidak keliru berikut uraiannya:

  • Makanan bayi usia 4-6 bulan,

Di usia 4 bulan sampai menjelang 6 bulan biasanya bayi akan mendapatkan asupan nutrisi utama dari ASI atau susu formula. Idealnya memberikan makanan cair kaya nutrisi ini diberikan sampai menginjak usia enam bulan. Namun pada beberapa kondisi bayi yang sudah memasuki umur empat bulan mulai diperkenalkan makanan semi padat. Seperti sereal, namun berikan secara perlahan sehingga mudah diterima oleh sistem pencernaan bayi Anda.

  • Makanan bayi usia 6-8 bulan,

Memasuki usia bayi enam bulan maka orangtua sudah mulai aktif memperkenalkan aneka jenis bahan makanan. Namun jangan dilakukan secara asal karena ada aturannya, sebab makanan yang sehat kadang bisa memberi dampak alergi pada bayi. Maka penting untuk memperkenalkan satu per satu bahan makanan tersebut kemudian diolah dengan benar agar mudah dicerna. Pertama Kenalkan pada sayuran yang punya rasa hambar, rebus dulu lalu dilumatkan demikian pula dengan buah, daging, dan sebagainya.

  • Makanan bayi usia 8-10 bulan,

Mempersiapkan si kecil menikmati makanan dengan tekstur lebih kasar sangat tepat saat memasuki usia delapan bulan. Anda masih tetap bisa memberikan bubur sereal yang diencerkan memakai ASI atau susu formula. Sebab ASI dan susu formula ini perlu menemani si kecil sampai menginjak usia dua tahun. Makanan agak kasar bisa dimulai dari pemberian sayur maupun buah-buahan yang dipotong kecil-kecil. Apalagi gigi bayi biasanya sudah mulai tumbuh dengan mengunyah maka bisa merangsang pertumbuhan gigi tersebut.

  • Makanan bayi usia 10-12 bulan,

Menjelang usia satu tahun sebenarnya bayi sudah bisa menyantap makanan orang dewasa namun harus teliti memilih bahan makanannya. Paling ideal tetap memberi makanan yang bisa dikunyah dengan nyaman oleh si kecil, seperti buah dan sayuran. Bisa diberikan dalam kondisi utuh dan untuk buah yang berbiji bisa dibuang dulu bijinya. Supaya si kecil lebih mudah menikmatinya orangtua bisa memotong-motong makanan tersebut, sehingga bisa dikunyah dengan nyaman. Mengikuti perkembangan usia bayi membuat Anda bisa memberikan makanan yang sesuai.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *