Tips dan Trik

Jadilah Ibu Kreatif dengan Ciptakan Permainan Bayi Cerdas

Masa anak kecil adalah penuh dengan permainan. Bermain pada anak menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan dan juga mendidik sehingga tidak seharusnya orang tua melarang ketika anak akan bermain. Hal ini lantaran bermain bisa jadi pembelajaran bagi si kecil untuk bisa belajar dalam bersosialisasi, komunikasi, hingga memahami dunia sekitarnya. Permainan bayi juga harusnya dirancang sesuai dengan usianya sehingga pas dengan tahap tumbuh kembangnya.

Jika Anda adalah seorang Ibu, maka Anda perlu tahu tanda ketika bayi sudah mulai menunjukkan ketertarikan akan sesuatu atau ingin bermain. Biasanya cirinya adalah ketika Ia sudah mulai bisa diajak tersenyum dan bercanda, ingin meraih sesuatu dan antusias terhadap sesuatu yang baru. Tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar untuk bisa menyenangkan bayi karena jika Anda kreatif, maka bayi pun akan senang dengan permainan yang Anda rancang sendiri.

Lalu seperti apa permainan bayi yang sesuai dengan usia? Berikut ini tipsnya:

  • Permainan untuk bayi 0 – 3 bulan

Orang tua adalah tempat pertama bagi anak untuk bersekolah atau mempelajari segala sesuatu di dunia ini, terutama bagi bayi yang baru lahir. Bayi akan bisa belajar dengan mendengar suara, memandang mimik wajah dan akhirnya nanti merespon akan apa yang bisa didengarnya. Dalam usia ini bayi juga akan nyaman ketika digendong dan dibelai. Mengingat pada usia 0 – 3 bulan bayi masih lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, maka Anda bisa berinteraksi dengan:

  • Ajarkan dia untuk bertepuk tangan pelan.
  • Gerakkan kakinya perlahan seperti sedang mengayuh sepeda.
  • Anda juga bisa menggunakan media mainan dan menggerakkan ke atas bawah kiri kanan agar bayi bisa berlatih menggerakkan mata.
  • Bunyikan mainan agar Ia bisa belajar mencari sumber bunyinya.
  • Permainan untuk bayi 4 – 7 bulan

Ketika usia bayi menginjak 4 bulan, maka bayi bisa mulai membalas senyum dan mengenal wajah keluarga. Berikut ini permainan yang bisa dipilih:

  • Pakai buku dan kenalkan obyek seperti binatang maupun benda lain. Baca juga cerita padanya meski dirinya belum memahami.
  • Bernyanyilah sambil menunjuk anggota badan sehingga bayi bisa membantu mengenal kata dan artinya.
  • Kembangkan indra peraba si kecil dengan benda sekitaran.

Baca juga di cumahobi.com ada banyak sekali macam-macam permainan untuk sang bayi

  • Permainan untuk bayi 8 – 12 bulan

Bayi sudah mulai belajar untuk merangkak dan berjalan pada usia ini. Berikut ini beberapa permainan untuknya:

  • Tempat mainan kesukaannya di jarak yang bisa diraih merangkak.
  • Bermain air juga bisa dilakukan karena mampu menarik perhatiannya. Gunakan juga mainan seperti bahan spons dan plastik ketika dirinya bermain di air sehingga Ia tidak bosan.

Itulah beberapa permainan bayi untuk setiap usianya. Anda bisa mengembangkan beragam permainan lainnya dengan kreativitas sendiri.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *