Perawatan Bayi

Jadwal Pemberian Imuniasasi Anak

Selain mengetahui jenis imuniasasi anak, penting juga untuk mengetahui jadwal pemberian imunisasi. Dengan mengetahui jadwal pemberian imunisasi diharapkan buah hati Anda bisa mendapatkan kekebalan tambahan yang bermanfaat untuk hidupnya kelak.

Pada dasarnya bayi akan mendapatkan perlindungan alami dari ibunya, yaitu pada saat di lakukan proses inisiasi dini. Namun kekebalan alami tersebut sifatnya hanya sementara dan hanya berlaku untuk beberapa jenis penyakit saja, itupun jika ibu bayi memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu.

Jika antibody tidak bertahan lama, maka bayi beresiko terkena berbagai jenis penyakit. Nah, itu sebabnya mengapa imunisasi penting diberikan karena untuk meneruskan kekebalan alami yang diberika oleh ibunya.

imunisasi anak membantu memacu sistem di dalam tubuh bayi untuk memproduksi daya tahan atau kekebalan tubuhnya. Sehingga, jika suatu saat nanti bayi terkena penyakit oleh kuman yang sebenarnya, tubuh bisa melawannya karena sudah memiliki antibody. Nah, berikut ini adalah jadwal imunisasi untuk bayi dan anak berdasarkan rekomendasi dari Ahli Kesehatan yang bisa Anda jadikan rujukan.

Bayi Baru Lahir

Saat bayi baru lahir, biasanya ada 2 jenis vaksin yang wajib diberikan, yaitu: hepatitis B1 dan Polio 0 Hepatitis B1 wajib diberikan paling lambat 12 jam sesudah bayi lahir. Sedangkan vaksin Polio 0 diberikan pada saat bayi akan dibawa pulang.

Bayi Berumur 1 Bulan

Ketika bayi sudah berumur 1 bulan, bayi wajib diberi imunisasi hepatitis B2. Pemberian vaksin ini sangat penting karena penyakit HB2 sangat berbahaya, bisa menyebabkan bayi tidak bisa bergerak.

Baca Juga: Jenis Makanan Bayi yang Wajib Diketahui Para Ibu Muda

Bayi Berumur 0-2 Bulan

Saat bayi berumur kurang dari 2 bulan, vaksin yang diberikan adalah BCG. Vaksin BCG diberikan untuk mencegah penyakit tuberculosis. Apabila vaksin diberikan pada waktu bayi berusia 3 bulan lebih maka sebelumnya harus menguji tubercolosis terlebih dulu. Vaksin BCG akan diberikan jika ternyata hasilnya negatif.

Bayi Usia 2 Bulan

Ada 3 jenis vaksin yang harus diberikan saat bayi berumur 2 bulan, yaitu: DTP 1, Hib-1, dan vaksin polio-1. DTP-1 atau toksoid differi bisa diberikan saat usianya lebih dari 6 minggu. Sedangkan polio-1 dan DTP-2 bisa diberikan bersamaan. Kemudian yang terakhir adalah pemberian vaksin Hib-2.

Bayi Usia 6 Bulan

Saat bayi memasuki usia 6 bulan Anda bisa memberikan DTP-3, Hib-3 dan Polio-3. Pemberian DTP-3 bisa dikombinasikan dengan Hib-3, sedangkan Polio-3 bisa dengan DTP 3.

Bayi Usia 9 Bulan

Saat usia buah hati 9 bulan, Anda bisa memberikan vaksin campak-1. Apabila saat usianya 15 bulan nantinya Anda memberikan vaksin MMR, maka vaksin campak-2 sudah tidak perlu diberikan.

Bayi Usia 15-18 Bulan

Imunisasi anak berikutnya adalah saat ia sudah berumur 15-18 bulan, yaitu pemberian vaksin MMR dan Hib-4. Pemberian MMR adalah pengganti vaksin campak-2.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *