Perlengkapan Bayi

Jangan Keliru, Begini Kriteria Bak Mandi pada Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir!

 

Kebutuhan bayi yang baru lahir memang banyak, mulai dari kebutuhan mandi, makan, pakaian, dan lainnya. Orangtua harus mempersiapkan jauh jauh hari agar ketika bayi lahir, orangtua bisa fokus mengurusi kebutuhan bayi langsung. Keadaan bayi yang masih sensitif terhadap lingkungan juga menjadi faktor dalam pemilihan barang-barang yang akan digunakan dalam memenuhi kebutuhan bayi, misalnya saja pemilihan bak mandi bayi. Pemilihan bak mandi bayi plastik sebaiknya mempunyai bentuk dudukan sehingga ibu bisa dengan mudah mendudukkan bayi di bak mandi dan proses memandikan jadi lebih mudah.

Perlengkapan bayi baru lahir memang bisa mudah didapatkan dari berbagai toko keperluan bayi atau orangtua juga bisa membelinya secara online. Namun juga harus diperhatikan budgetnya karena kebutuhan bayi akan semakin betambah seiring dengan bertambahnya usia bayi. Untuk mempersiapkannya sebaiknya orangtua menyiapkan daftar perlengkapan bayi baru lahir.

Selain keamanan, kenyaman juga diperlukan dalam penangganan aktivitas si kecil seperti ketika memandikannya, berikut kriteria bak mandi yang sebaiknya diperhatikan:

  1. Bentuk Bak Mandi

 

Bak mandi yang kecil memang disesuaikan dengan bentuk tubuh bayi yang masih kecil. Dikarenakan kulit bayi masih sensitif maka beberapa hal ini bisa menjadi acuan ketika membeli bak mandi untuk bayi di antaranya adalah hindari bak mandi yang mempunyai sudut tajam di dalamnya sehingga ibu ataupun bayi merasa aman dan nyaman ketika melakukan aktivitas ini. Tentunya model dan harga bak mandi berbeda-beda maka sebaiknya sesuaikan budget ketika ingin membelinya, namun tetap mempertimbangkan keamanan.

Selain bentuk bak mandi, ibu juga harus memperhatikan aktivitas bayi  selama mandi. Bagi bayi usia di atas 6 bulan cenderung banyak gerak sehingga ibu akan lebih kesusahan dalam memandikan bayi. Ibu bisa mensiasatinya untuk memberikan mainan plastik di bak mandi dan hindari mainan yang bisa menyerap air karena kebiasaan bayi yang akan memasukkan semua benda kecil yang dipegangnya.

 

  1. Bahan dari Plastik

Pemilihan bahan dalam memilih bak mandi juga harus diperhatikan. Untuk membeli bak mandi, sebaiknya orangtua membeli bak mandi yang berbahan plastik karena banyak keuntungan dari bak mandi bahan plastic, salah satunya adalah bak mandi bisa dipindah ke mana mana karena bak mandi tidak berat.

Bak mandi plastik yang dipilih juga tidak boleh sembarangan. Sebisa mungkin orangtua memilih bak mandi yang tidak mudah mengelupas permukaan dalamnya dan juga akan memunculkan serabut ketika terkena air panas atau hangat.

Selain itu usahakan untuk memilih bak mandi yang mempunyai fondasi yang kuat sehingga ketika bayi bergerak aktif saat mandi, bak mandi tidak mudah pecah.

 

  1. Kaki Bak Mandi

Tentunya bayi akan sering bergerak aktif saat mandi. Agar bak mandi tidak bergeser ke mana-mana maka sebaiknya memilih bak mandi yang mempunyai kaki anti slip atau orangtua juga bisa membeli bak mandi yang mempunyai pengaman seperti karet pada kaki bak mandi.

 

  1. Ukuran Bak Mandi

Ukuran bak mandi memang menyesuaikan bentuk tubuh si bayi. Namun ibu juga harus memperhatikan kedalamaan dari bak mandi tersebut, jika permukaan terlalu dalam maka sebagian besar tubuh bayi akan terendam dalam air sehingga orangtua bisa menyesuaikan dalam dan panjang dari bak mandi.

 

Nah, ternyata untuk satu kebutuhan bayi juga memerlukan pertimbangan yang detail. So, keamaan bayi adalah yang utama sehingga sebisa mungkin untuk memberikan yang terbaik untuk bayi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *