Perlengkapan Anak

Jangan Lakukan Hal Bodoh Ini Pada Bayi Baru Lahir Karena Dapat Menimbulkan Bahaya Pada Buah Hati Anda

Untuk para orang tua yang belum berpengalaman dalam melakukan perawatan pada bayi baru lahirmaka tidak ada salahnya jika Anda mencari banyak informasi perihal tata cara dalam melakukan perawatannya. Bahkan Anda juga dapat untuk meminta orang lain memandu diri Anda maupun meminta informasi langsung dari bidan maupun dokter yang menangani pada saat proses persalinan Anda. Semua orang tua tentunya menginginkan hal yang terbaik untuk buah hatinya agar sang anak dapat tumbuh dengan sebaik mungkin.

 

Merawat bayi yang baru lahir memang susah-susah gampang, dengan kondisi bayi yang sangat lemah, dengan tulang yang belum kuat sempurna, kulit yang masih lembut dan sensitif, maka hal ini pun menjadikan banyak para orang tua merasa kebingungan bagaimana tata cara dalam melakukan perawatan pada buah hatinya yang masih lemah tersebut agar tidak mengalami kesalahan yang dapat berujung fatal.

 

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa ada beberapa poin penting yang dilarang untuk Anda lakukan pada bayi baru lahir yang mana pandangan ini harus Anda hindarkan dan tidak boleh Anda lakukan dengan cara yang sembarangan. Meskipun pantangan ini dianggap sebagai hal yang sepele, namun alangkah baiknya jika Anda tidak mengikuti kesalahan yang dapat menimbulkan bahaya pada buah hati Anda.

 Baca Juga : 5 Aspek Penting yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Bayi Baru Lahir  

Berikut ini pantangan yang dilarang dilakukan pada bayi yang baru lahir, yaitu:

Menjemur bayi di bawah matahari langsung.

Menjemur bayi pada pagi hari memang haruslah dilakukan, namun bukan berarti Anda asal menjemur bayi Anda dibawah sinar matahari secara langsung, akan tetapi Anda dapat duduk membelakangi sinar matahari, sehingga bayi Anda tidak secara langsung tersorot sinar matahari. Untuk penjemuran dilakukan 10 hingga 15 menit pada jam 07.00 – 08.00.

Mengkonsumsi air putih.

Sebelum bayi menginjak 6 bulan, maka Anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi air putih, karena tubuh bayi belum bisa menerima air putih, dan asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan bayi adalah susu, baik dari ASI maupun susu formula.

Mengenakan sarung kaki dan tangan sepanjang hari.

Memberikan sarung kaki dan tangan diperbolehkan, namun jangan memberikannya sepanjang hari atau terus-terusan, karena hal ini menjadikan bayi tidak dapat mengembangkan kemampuan jarinya dengan baik.

Menggunakan popok terus-menerus

Memberikan popok secara terus menerus akan menjadikan kulit bayi mengalami ruam, perih dan membuat bayi merasa kurang nyaman.

 

Agar kondisi bayi baru lahir Anda tetap terjaga dengan baik dan tidak mengganggu kesehatan bayi, maka Anda sebagai orang tua pun haruslah lebih pandai dalam melakukan perawatan pada buah hati Anda agar bayi Anda dapat terjaga dengan baik. Meskipun perawatan yang dilakukan sangatlah mudah dan simple, namun tidak jarang diantara para orang tua yang sering kali mengabaikan hal ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *