Tips dan Trik

Jangan Sepelekan Posisi Menggendong Bayi Anda, Ini Bahayanya!

Banyak sekali cara yang dapat meningkatkan ikatan batin antara bayi dengan orang tua, salah satu yang paling umum dilakukan adalah dengan menggendong. Banyak orang tua baru yang masih belum luwes ketika harus menggendong bayi baru saja lahir. Nah, ini penting sekali untuk dipahami oleh para calon orang tua atau mereka yang berniatan untuk mempunyai buah hati. Mungkin banyak yang mengatakan cara menggendong itu mudah dan simpel, memang benar tetapi hal itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

 Jangan Sepelekan Posisi Menggendong Bayi Anda, Ini Bahayanya!

Kenyamanan seorang bayi dalam gendongan merupakan salah satu tujuan orang tuanya, hal itu bisa dilakukan dengan melakukan cara yang tepat. Masih banyak sekali orang yang melakukan hal itu secara sembarangan. Secara otomatis itu dapat berakibat buruk pada perkembangan bayi dan bahaya lainnya. Nah, berikut ini ada beberapa masalah yang sering menyerang bayi ketika digendong dengan cara yang kurang tepat yaitu:

  • Shaken baby syndrome.

Ini merupakan salah satu jenis kondisi pada bayi yang diakibatkan cara menggendong yang salah. Misalnya saja ketika Anda menggendong dengan baby carrier dan kaki anak bisa bebas, hal itu memungkinkan muncul bahaya. Jadi guncangan yang terlalu keras pada kaki dapat memunculkan sindrom, bahayanya sampai dengan pendarahan otak, kepala hingga retina mata.

  • Scoliosis.

Tulang bayi sangat rawan sekali karena memang masih sangat lunak, makanya perlu berhati-hati dalam perawatannya. Masalah ini bisa terjadi pada buah hati Anda, tumpuan tulang belakang yang kurang sempurna dapat mengakibatkan masalah tersebut.

  • Spondylosis.

Lalu ada lagi kondisi bahaya yang terjadi pada bagian tulang belakang, hal ini juga disebabkan oleh guncangan ataupun saraf sekeliling tulang. Nah, guncangan yang terjadi pada saat menggendong bayi itu secara otomatis dapat menyebabkan masalah tulang luar yang keluar dan ini membahayakan sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

  • Hips dysplasia.

Lalu masalah yang sering menyerang bayi selanjutnya adalah tertekannya pinggul dan paha bayi. Baiknya ketika Anda menggendong hal tersebut tidak terjadi, artinya jangan sampai paha dan juga tulang pinggul bayi merasa tidak nyaman dan berakibat fatal pada pertumbuhan tulangnya. Perhatikan dengan baik posisi dan juga letak dari tubuh sampai dengan bagian kaki anak ketika akan menggendong.

Diatas merupakan beberapa hal yang sering sekali dialami oleh anak ketika digendong secara sembarangan. Makanya dari beberapa hal itu, jika Anda tidak ingin anak mengalami masalah terhadap tumbuh kembangnya bisa memperhatikan hal-hal kecil seperti tersebut. Alih-alih ingin meningkatkan ikatan batin antara anak dengan menggendong tetapi justru yang terjadi sebaliknya, anak mengalami masalah pada pertumbuhan. Kesalahan posisi menggendong bayi bukan hanya bisa dilakukan oleh orang tua tetapi kemungkinan besar juga orang lain yang sedang membawa buah hati Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *