Tips dan Trik

Jauhi Stress Saat Merawat Bayi Kembar dengan 4 Kiat Pintar Ini

Orang bilang mengasuh bayi kembar tidaklah mudah, dan aktualnya memang demikian sebab kerepotan orangtua akan meningkat dua kali lipat. Bayi yang lahir kembar memang selalu menjadi pusat perhatian sebab disinilah orang akan tertarik untuk melihat wajah mereka. Baik kembar identik maupun tidak tetap saja akan membuat orang penasaran, sehingga banyak orangtua kemudian ingin sekali memiliki anak kembar sendiri. Seolah bersikap tak acuh dengan omongan orang yang mengatakan mengasuh bayi yang kembar jauh lebih sulit.

Kiat Mudah Merawat Bayi yang Kembar

Bayi di dalam kandungan bisa saja lahir kembar, entah jenis kelaminnya saja atau malah perempuan dan laki-laki. Jumlahnya pun kadang lebih dari dua, mulai dari tiga sampai enam tentu pernah Anda temui di dunia ini meski hanya di dalam berita. Mengurangi rasa lelah mengasuh bayi yang kembar maka beberapa kiat berikut akan sangat membantu:

  • Bergabunglah dalam sebuah komunitas,

Stress memang akan lebih mudah dirasakan bagi orangtua si kembar maka untuk menghindarinya bisa bergabung dalam sebuah komunitas. Komunitas yang beranggotakan para orangtua anak kembar akan membantu saling berbagai pengalaman, sehingga beban berkurang dan stress pun menguap.

  • Lebih disiplin dalam memenuhi kebutuhan bayi,

Orangtua yang merasa memiliki kegiatan tanpa jeda selama memiliki bayi kembar baiknya tidak usah terlalu dipikirkan, penting untuk belajar berpikir dan bersikap santai. Sehingga semua kebutuhan si kecil terpenuhi begitu pula kebutuhan Anda, minimal untuk makan dan istirahat. Biasakan disiplin dalam memenuhi kebutuhan si kecil, mulai dari jadwal mandi, makan, maupun pergi tidur. Jika sudah disiplin maka kemungkinan salah satu bayi tidak terurus bisa dihindari sehingga semua tumbuh sehat.

  • Siap sediakan botol ASI,

Bayi cenderung mudah menangis saat lapar, ketika punya bayi yang kembar otomatis tidak cukup hanya menyusui saja. Andalkan pompa ASI dan menabung ASI sebanyak mungkin di botol-botol atau plastik khusus penyimpanan ASI. Sediakan alat penghangat ASI, sehingga setiap saat si kecil merasa lapar tidak harus membuat mereka menunggu dan menangis. Kalau satu menangis maka yang lain ikut menangis, disinilah stress biasanya muncul ke permukaan. Maka rajinlah menabung ASI dan makan makanan bernutrisi

  • Tidak harus memakai pakaian yang sama,

Kerap kali orangtua si kembar berusaha untuk memakaikan apapun yang kembar pula, mulai dari baju, selimut, handuk, mainan, dan lain sebagainya. Padahal ketika memiliki prinsip seperti ini otomatis kesibukan saat belanja akan semakin parah. Bagaimana kalau Anda punya anak kembar sampai 4-5 maka dijamin kegiatan belanja perlengkapan bayi menjadi sumber stress. Daripada pusing singkirkan keinginan membuat mereka tampil dengan pakaian kembar, sebab tanpa baju yang sama bayi kembar tetaplah akan kembar sampai dewasa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *