Tips dan Trik

Jenis dan Manfaat Imunisasi Dasar Pada Bayi

Orangtua tentu ingin memberikan semua yang terbaik untuk anaknya, terutama untuk menjaga kesehatannya sehingga orangtua juga akan mengikuti program seperti pemberian imunisasi pada bayi. Program tersebut merupakan upaya yang dilakukan untuk memberikan vaksin untuk pencegahan agar bayi tidak terkena beberapa jenis penyakit. Cara kerjanya sendiri dengan memberikan mikroorganisme bibit penyakit yang akan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit dari jenis vaksin yang diberikan.

Jenis dan Manfaat Imunisasi Dasar Pada Bayi 

Ada beberapa jenis program yang ada dan diberikan berdasarkan jenis vaksin yang diberikan dan juga umur penerimanya. Ada yang menerima pada usia yang sudah dewasa utamanya ketika akan melakukan dan perjalanan tertentu seperti naik haji. Dan juga ada jenis dasar yang diberikan untuk balita. Seperti yang telah diketahui bahwa cara pemberian vaksin ini diberikan dengan cara di suntikan pada tubuh bayi. Sehingga tidak heran apabila setelah di imunisasinya bayi akan mengalami panas. Hal tersebut tidak perlu untuk dikhawatirkan dan hanya perlu untuk dilakukan perawatan dengan tepat agar panas bayi turun setelah di imunisasi. 

Pada dasarnya ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari pemberian imunisasi dasar ini. Manfaat yang akan didapatkan dari jenis ini adalah sebagai berikut ini:

  • Manfaat pertama tentunya dengan di imunisasi akan dapat untuk menjaga daya tubuh anak agar tidak mudah untuk terserang penyakit. Terutama penyakit dari vaksin yang diberikan kepadanya.
  • Selain itu manfaat selanjutnya adalah dapat untuk mencegah penyakit yang menular sehingga akan berbahaya untuk bayi dan juga selama tumbuh kembangnya agar tidak terganggu dengan penyakit menular berbahaya.
  • Manfaat selanjutnya dapat untuk menjaga anak tetap sehat dan mencegah anak mengalami kecacatan bahkan kematian karena penyakit yang berbahaya.
  • Dan manfaat terakhir adalah dapat untuk menjaga anak berkembang lebih optimal dan terhindar penyakit yang berbahaya.

Ketika akan di imunisasi, sebaiknya orangtua mengetahui jadwal pemberian vaksin dan biasanya hal tersebut akan selalu diingatkan oleh bidan posyandu. Dimana berbagai jenis vaksin ini tidak akan dilakukan secara bersamaan tetapi dalam kurun waktu tertentu hingga bayi berusia 9 bulan. Orangtua bisa untuk memperhatikan jadwal pemberian vaksin ini yang akan dilakukan di posyandu terdekat.

Dan untuk beberapa jenis imunisasi dasar yang akan diberikan pada anak adalah sebagai berikut ini:

  • Vaksin hepatitis B akan mencegah anak dari penyakit yang berbahaya ini dan dikenal juga dengan penyakit kuning.
  • DPT vaksin merupakan jenis yang merupakan gabungan dari vaksin difteri, pertussis, dan juga tetanus.
  • Vaksin polio adalah jenis yang akan mencegah anak tidak mengalami kelumpuhan.
  • BCG merupakan vaksin agar mencegah anak tidak terkena TBC.
  • Vaksin HiB merupakan jenis yang dapat mencegah penyakit meningitis dan juga pneumonia.
  • Vaksin Rotavirus dapat untuk mencegah penyakit gangguan pencernaan diare pada bayi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *