Tips dan Trik

Jenis-jenis Imunisasi Wajib dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Usia bayi memang membuat mereka rentan terhadap berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari penyakit-penyakit ringan hingga beberapa jenis penyakit parah, karena pada dasarnya tubuh manusia tidak dilengkapi dengan sistem imun yang kuat untuk melindunginya dari berbagai macam penyakit berbahaya, hal inilah yang kemudian membuat bayi harus melakukan proses imunisasi, bukan hal yang baru lagi di telinga, mengingat hal ini sudah diberlakukan di Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu, sebagai salah satu langkah untuk melindungi dari serangan penyakit-penyakit berbahaya.

Program yang satu ini umumnya memang tidak dilakukan ketika usia dewasa, melainkan sejak bayi lahir ke dunia, kemudian juga ada yang sudah memasuki jenjang usia 1 tahun, setidaknya mereka akan melakukan imunisasi berkali-kali. Fungsinya tentu sangat penting, meskipun terkadang dalam pemberian obat yang dimasukkan kedalam tubuh ini juga disertai beberapa jenis efek samping, seperti diantaranya adalah demam pada tubuh mereka. Jangan khawatir karena sebenarnya ini adalah hal yang sangat wajar.

Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis vaksin yang biasa diberikan pada saat buah hati menjalankannya dengan beberapa manfaatnya, diantaranya adalah:

 Ketahui juga beberapa gizi yang harus terpenuhi oleh si bayi. Baca selengkapnya di alatbayi.net

  1. Jenis BCG, jenis yang satu ini akan diberikan ketika bayi baru lahir ke dunia, biasanya akan dengan tujuan untuk mencegah mereka agar tak terkena penyakit Tuberkolosis atau yang dikenal dengan batuk berdarah.
  2. Hepatitis B, jenis penyakit yang juga rawan menyerang manusia dengan adanya infeksi hati, sekarang ini jenisnya sudah lebih lagi diantaranya adalah dengan pemberian seri hepatitis plus.
  3. DTP, penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri yang dibawa oleh kotoran hewan, dikenal juga dengan nama difentri tetanus pertusis, dalam pemberian pertama vaksin ini akan menyebabkan tubuh menjadi hangat atau demam, namun semakin lama semakin ringan, hanya gejala awalnya saja yang agak kurang enak di tubuh.
  4. Polio, serangan virus penyebab polio memang sangat rentan menjangkiti oleh siapa saja, untuk itulah sejak usia dini maka bayi sudah diberikan vaksinasinya untuk menghindari masalah kesehatan yang berdampak kepada tidak bisa berjalan tersebut.
  5. Campak, penyakit ini memiliki resiko yang sangat besar hingga kehilangan nyawa, untuk itu dilakukan vaksinasinya sehingga tubuh mereka tak mudah terserang penyakit berbahaya tersebut.
  6. HIB, vaksinasi ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh, penyakit=penyakit semacam HIV memang rentan menyerang siapa saja, salah satu pencegahannya adalah dengan vaksin tersebut.
  7. Rotavirus, angka kematian yang disebabkan karena diare memang cukup tinggi, salah satunya karena virus yang satu ini, untuk itulah sekarang juga diberlakukan vaksinasi tersebut.
  8. PCV, fungsinya adalah untuk menghindarkan buah hati dari infeksi yang menyerang saluran napas mereka.

Imunisasi dilakukan secara berkala, bahkan ada juga orang dewasa yang melakukannya, seperti suntik TT sebelum menikah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *