Tips dan Trik

Jenis-Jenis Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari, Bukan Sekedar Mitos!

Saat hamil, ibu hamil memiliki banyak sekali resiko yang harus dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu muncul banyak mitos yang beredar di masyarakat apa saja yang boleh dan tidak dilakukan oleh ibu hamil. Contohnya, adalah makanan ibu hamil yang menjadi pantangan banyak sekali mulai dari buah-buahan, sayuran dan banyak jenis makanan lainnya yang tidak boleh dikonsumsi.

Mengapa ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan dan selektif memilih jenis makanan? Hal tersebut karena apa yang dimakan oleh ibu hamil akan dimakan juga oleh janin yang ada di dalam perut ibu. Jika salah makan dikhawatirkan bisa menghambat kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui jenis-jenis makanan yang dilarang bagi ibu hamil.

Anda mungkin pernah mendengar jenis-jenis makanan yang menjadi pantangan ibu hamil, namun terkadang informasi yang kita dapatkan hanya dari mulut ke mulut dan kurang didukung alasannya. Nah, berikut adalah jenis makanan ibu hamil yang memiliki potensi bahaya bagi ibu hamil dan janinnya:

Jenis-Jenis Daging

Ada beberapa jenis daging yang sebaiknya dihindari dikonsumsi ibu hamil, seperti: seafood, daging sapi dan daging unggas. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi daging, telor yang diolah setengah matang/ tidak matang karena beresiko terkena bakteri yang berbahaya, yaitu: bakteri toksoplasmosis, salmonella dan coliform.

Ikan yang Mengandung Mercury

Ikan salmon dan ikan lainnya yang mengandung protein, asam lemak dan omega 3 disarankan dikonsumsi untuk ibu hamil karena bisa meningkatkan perkembangan otak janin. Namun hindari ikan yang mengandung mercury karena zat tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak janin.

Untuk mengetahui ikan yang mengandung mercury adalah dengan melihat ukuran ikan. Umumnya ukuran ikan mcukup besar karena sudah lama hidu[p dilaut, misalnyL ikan mackerel, ikan hiu, ikan todak. Itu sebabnya mengapa makanan sushi dilarang untuk ibu hamil, karena beberapa ikan yang digunakan sebagai bahan sushi mengandung merkuri yang tinggi.

Baca Juga:Nutrisi Bayi Pada Makanan Tambahan Usia 4 – 6 Bulan

Minuman Bersoda, Alkohol dan Rokok

Tidak hanya ibu hamil, wanita yang tidak hamilpun harus menghindari minuman yang mengandung soda, alcohol dan rokok. Minum alcohol saat hamil bisa menjadi racun bagi janin, menyebabkan fetal alcohol syndrome dan menyebabkan gangguan mental.

Makanan dan Minuman yang Banyak Mengandung Gula

Makanan dan minuman yang mengandung gula sebaiknya jangan terlalu banyak/ sering dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan obesitas saat bayi dilahirkan, kadar gula ibu hamil menjadi tinggi dan dikhawatirkan mengalami komplikasi.

Masih banyak jenis-jenis makanan ibu hamil yang menjadi pantangan atau tidak boleh dikonsumsi, seperti: makanan yang mengandung zat kimia berbahaya seperti: zat pengawet, pewarna, formalin dsb. Selain itu hindari makanan yang pedas, mengandung pecin. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *