Tips dan Trik

Jenis Permainan Bayi yang Aman untuk Diberikan

Permainan bayi merupakan suatu hal yang sangatlah penting untuk diberikan, sedangkan pada bantuan permainan inilah yang mampu membantu para anak agar mampu berkembang dengan baik dengan rangsangan motorik yang didapat dari permainan yang orang tua berikan. Sehingga bagi para orang tua yang cerdas tentu akan memberikan mainan yang tepat dan sesuai dengan usia sang bayinya, karena hanya dengan permainan lah maka perkembangan dan daya berfikir sang bayi pun juga akan mulai dibentuk.

Banyaknya toko mainan yang ada di sekitar tentu akan sedikit membuat para orang tua kebingungan dalam hal memilih mainan yang tepat dan aman untuk diberikan oleh sang buah hatinya, karena memberikan mainan yang tidak tepat pun maka hal ini pun juga dapat berdampak buruk pada kesehatan sang buah hati, sehingga Anda haruslah memberikan jenis mainan yang tepat untuk sang buah hatinya, termasuk dengan memberikan mainan yang tepat pada jenis kelaminnya.

Berikut ini adalah cara memberikan permainan bayi yang tepat dan aman, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Perhatikan pada bahan mainan yang akan Anda berikan, karena jaman sekarang ini ada banyak mainan anak yang terbuat dari hasil daur ulang yang mengandung bahan kimia, sehingga hal ini sangat membahayakan apabila mainan tersebut digigit bayi Anda.
  2. Berikan mainan yang dapat untuk digigitnya, hal ini berguna untuk merangsang tumbuhnya gigi pada bayi.
  3. Hindarkan mainan yang tajam, misalnya seperti pedang-pedangan, pisau atau mainan lainnya yang dapat melukai sang anak.
  4. Berikan mainan yang dapat mengeluarkan sumber suara, hal ini untuk memusatkan perhatian sang anak pada permainan yang Anda berikan.
  5. Jika Anak Anda adalah laki-laki, maka Anda dapat untuk memberikan mainan berupa mobil-mobilan, apabila anak Anda adalah perempuan maka Anda bisa untuk memberikannya boneka yang bisa mengeluarkan suara.
  6. Selalu dampingilah sang anak pada saat bermain, agar anak selalu terjaga dengan aman.

Baca Juga:Jadilah Ibu Kreatif dengan Ciptakan Permainan Bayi Cerdas

Memang sudah sewajarnya bila orang tua haruslah menemani sang anak pada saat bermain, hal ini berguna untuk menghindarkan sang anak dari hal-hal yang dapat membahayakannya dari permainan yang dimainkannya, sehingga sebelum memutuskan untuk memberikan permainan pada buah hati, maka pastikan bahwa mainan tersebut aman untuk Anda berikan, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir lagi dalam membiarkan sang anak bermain.

Permainan bayi untuk saat ini pun sudah banyak dijual di berbagai toko mainan yang dapat untuk Anda pilih sesuai dengan yang Anda inginkan serta sesuai dengan usia bayi, sehingga Anda tidak boleh memberikan mainan yang sembarangan, karena mainan yang sembarangan pun hal ini dapat membahayakan pada sang bayi, termasuk membahayakan pada kesehatannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *