Perawatan Bayi

Kebutuhan Nutrisi Bayi Prematur, Agar Berat Badannya Bertambah

Tidak ada orang tua yang menginginkan bayinya lahir sebelum waktunya (Prematur) namun jika hal tersebut terjadi, Anda jangan berkecil hati karena pertumbuhan dan perkembangan bayi bisa sempurna yaitu dengan melakukan perawatan dan penanganan khusus. Salah satunya adalah memberikan nutrisi bayi sesuai dengan kebutuhannya.

Kebutuhan nutrisi bayi yang lahir prematur akan berbeda dengan bayi yang lahir normal atau cukup bulan. Bayi premature adalah bayi yang lahirnya terlalu cepat atau belum memasuki usia 9 bulan. Karena lahirnya terlalu cepat maka berat badannya masih terlalu kecil dan membutuhkan perlakuan dan perawatan khusus agar berat badannya bertambah.

  • Pemberian ASI Bayi Prematur

ASI adalah makanan bayi yang mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh bayi. Pemberian ASI pada bayi premature lebih banyak dan lebih sering dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan. Selain memberikan kebutuhan nutrisi, pemberian ASI bisa memberikan keuntungan yang baik dari segi psikologis dan emosional antara ibu dengan bayi.

Bayi premature rentan terkena infeksi namun bayi bisa mendapatkannya dari ASI.Karena Asi bisa menjadi pelindung bayi premature terkena infeksi. Biasanya pada beberapa kondisi bayi prematur, dokter menyarankan memberikan tambahan susu untuk menambah kalori dengan tujuan mengejar pertumbuhannya.

Pemberian ASI bayi premature yang tepat adalah dengan menggunakan metode kangguru. Gaya kangguru bertujuan memberikan bayi rasa hangat dari kulit ibu seperti waktu masih di dalam kandungan. Jika bayi premature sudah siap menerima ASI namun belum bisa diberikang langsung, Anda masih bisa memberikan ASI dengan cara memasukkan ASI di tabung.

Baca Juga : Nutrisi Bayi yang Membantu Perkembangan Otaknya

  • Pemberian Nutrisi Lewat Botol

DI rumah sakit biasanya bayi kurang bulan yang tidak menyusui diberikan formula yang dirancang khusus agar berat badannya bertambah atau disebut formula Low Birth Weight (LBW). Formula tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan agar bayi premature mencapai pertumbuhan yang cukup, seperti: vitamin, protein, kalsium, zat besi.

LBW diberikan menggunakan pipa sampai kemampuan menghisap, bernapasdan menelan sudah matang. Kemudian bayi bisa menggunakan botol. Setelah bayi sudah bisa dibawa pulang, rumah sakit akan memberikan resep post discharge formula. Formula tersebut berupa nutrisi peralihan dari LBW ke formula untuk bayi tepat bulan umumnya.

Selain pemberian nutrisi, bayi premature harus diperlakukan secara khusus ia tidak boleh kedinginan. Jangan sampai suhu ruangan terlalu dingin, usahakan suhu tubuh bayi harus 36,50C – 37,50C. Lakukan  perawatan secara apik, jika ia pipis jangan tunda segera ganti popoknya. Jika ia kedinginan atau terlihat gelisah bedong atau bungkus tapi jangan terlalu ketat dan lama.

Demikian pembahasan mengenai pemberian nutrisi bayi prematur, semoga artikel ini dapat menambah infromasi dan bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari tahu seputar perawatan dan penanganan bayi prematur.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *