Tips dan Trik

Kegiatan Menyenangkan Saat Usia Bayi 6 Hingga 12 Bulan

Bayi Anda akan melalui tahun pertama kehidupannya, tetapi bayi juga akan mengalami lebih banyak perubahan fisik, mental, sosial dan emosional sebelum usia bayi beranjak lebih dewasa. Seiring dengan bertambahnya usia, maka bayi tidak hanya lebih tertarik pada dunia di sekitarnya, namun bayi Anda juga akan segera merangkak atau berjalan. Tidak ada yang menghentikan perkembangannya menjadi balita, dan Anda dapat membantunya mencapai tahap berikutnya. Sedangkan bermain dan berhubungan dengan bayi-bayi akan membuat perkembangan otak mereka berjalan.

Kegiatan Menyenangkan Saat Usia Bayi 6 Hingga 12 Bulan

Cinta, perhatian, waktu, dan sentuhan orang tua dengan bayi kita adalah bagian yang paling penting dari kegiatan perkembangan. Karena orang tua memiliki interaksi yang sangat penting bagi buah hatinya. Ingin tahu cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan bayi? Maka Anda bisa menyimaknya pada beberapa ulasan yang ada di bawah berikut ini agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam membantu perkembangan bayi Anda, khususnya untuk bayi yang berusia 6 hingga 12 bulan.

Berikut ini cara yang dapat untuk Anda lakukan kepada usia bayi 6 hingga 12 bulan, yaitu:

  1. Tempatkan mainan atau buku di bawah selimut, biarkan bagian dari objek yang ditampilkan. Kemudian tanyakan pada bayi Anda, “Di mana itu?” dan mendorongnya untuk mencarinya. Bayi biasanya akan mengambilnya dan menggali di bawah selimut. Setelah bayi Anda menguasai menemukan objek yang sebagian tersembunyi, lanjutkan untuk menyembunyikannya sepenuhnya di bawah selimut.
  2. Berikan ketrampilan yang dapat dipelajari oleh bayi yang mana hal ini akan membantu pengembangan ketrampilan motorik halus dan keabadian objek.
  3. Cobalah untuk bergiliran menumpuk cangkir dan menjatuhkannya. Hal ini akan mengajarkan buah hati Anda untuk memupuk rasa ketrampilan yang dapat dipelajari, yaitu dengan memahami sebab dan akibat serta keterampilan motorik halus.
  4. Anda juga bisa membentuk atau memberikan gambar yang berwarna-warni. Tunjukkan dan beri tahu terlebih dahulu. Anda bisa memberikan puzzle kepada bayi dan membantu memandu tangan mereka. Pada saat bayi mencapai keberhasilannya, maka berilah tepuk tangan.

Saat usianya mencapai usia 6 hingga 12 bulan, maka bayi akan mengalami banyak perubahan, dan Anda pun bisa melihat perubahan tersebut. Hal yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menemani bayi di sampingnya dan mengajak bayi Anda untuk bermain sekaligus belajar agar bayi dapat tumbuh kembang lebih baik lagi dan tentunya menjadi bayi yang bergerak dengan aktif.

Meskipun pertumbuhan setiap bayi tidaklah sama, namun Anda pun bisa melakukan pada beberapa langkah yang ada di atas saat usia bayi Anda mencapai 6 hingga 12 bulan. Mengingat semua orang tua selalu ingin menampilkan hal yang terbaik untuk buah hatinya, sehingga jangan sembarangan dalam mendidik buah hati Anda, terlebih lagi saat masa pertumbuhan bayi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *